Ratusan Sapi Australia Malnutrisi dan Mati Saat Pembibitan di Indonesia

ABC Australia - detikNews
Senin, 09 Des 2019 14:44 WIB
Jakarta -

Ratusan sapi indukan asal Australia yang dibeli Pemerintah Indonesia tahun 2018 untuk program pembibitan sapi mengalami malnutrisi atau mati. Pemerintah RI menyalurkan sapi-sapi ini ke puluhan kelompok ternak dan UPT (unit pelaksana teknis) Departemen Pertanian setempat.

Foto-foto yang diperoleh ABC menunjukkan kondisi sapi yang kurus dan malnutrisi serta bangkai sapi yang sudah membusuk dengan tulang-belulang yang menonjol.

Sapi-sapi Australia ini dibeli oleh Deptan RI sebagai program pembibitan yang bertujuan meningkatkan swasembada sapi di negara itu.

PERINGATAN: Artikel ini memuat foto-foto mengerikan.

Australian cattle sold to Indonesia in late 2018

Foto-foto kondisi sapi Australia yang dibeli Pemerintah RI pada akhir 2018 untuk program pembibitan, menunjukkan banyak yang mengalami malnutrisi atau mati tak terurus. (Istimewa: LiveCorp)

Juru bicara Deptan menyatakan pihaknya tidak memiliki kewenangan lagi begitu ternak tersebut tiba di negara lain.

"Deptan bekerjasama dengan industri Australia dan Indonesia dalam meningkatkan manajemen ternak setelah tiba di negara itu," katanya.

Senator Australia Mehreen Faruqi yang dimintai komentar menyatakan LiveCorp perlu "berterus terang" mengenai apa yang terjadi dengan program pembibitan sapi ini.

"Foto-foto sapi Australia dalam kondisi sengsara dan mati ini menjijikkan," kata Senator Faruqi.

Pihak LiveCorp yang dihubungi menolak untuk berkomentar.

Simak berita-berita menarik lainnya dari ABC Indonesia.



(ita/ita)