DetikNews
Jumat 10 Mei 2019, 14:59 WIB

Potret Kemiskinan di Australia: Antara Kelaparan atau Memiliki Tempat Tinggal

ABC Australia - detikNews
Potret Kemiskinan di Australia: Antara Kelaparan atau Memiliki Tempat Tinggal
Tasmania -

Di kawasan pinggiran utara kota Hobart, Tasmania, warga terjepit dalam dua pilihan: kelaparan atau mendapat tempat tinggal.

Kemiskinan di Hobart:
  • Kawasan yang memiliki warga miskin termasuk dalam daerah pemilihan Clark yang sejak 2010 diwakili oleh Andrew Wilkie, politisi independen
  • Warga yang menerima tunjangan hanya memiliki AU$ 12, atau lebih dari Rp 120 ribu untuk kebutuhan makanan dan lainnya
  • Tahun lalu ada 3.804 warga yang menerima tunjangan Newstart

Salah satu yayasan sosial di Australia, 'Salvation Army' mengatakan warga benar-benar berjuang keras untuk bisa bertahan hidup yang tergantung pada tunjangan kesejahteraan dari pemerintah. Sementara permintaan untuk bantuan makanan juga meningkat.

Warga khawatir soal nasib isi dompet mereka menjelang pemilihan umum federal tanggal 18 Mei mendatang dan krisis perumahan di Tasmania telah menjadi fokus utama di daerah pemilihan Clark.

Daerah ini sebelumnya dikenal dengan kawasan Denison, yang membentang melintasi kota Hobart dan Glenorchy dengan Andrew Wilkie yang mewakili rakyatnya di parlemen sejak tahun 2010.

Jeff Milkins, Kapten dari Salvation Army mengatakan kenaikan harga sewa di daerah telah membuat mereka yang hidup dari tunjangan pemerintah, khususnya tunjangan Newstart, mengandalkan antara $10 hingga $12 per hari untuk membayar pengeluaran mereka yang lain, yakni makanan, listrik, obat-obatan dan biaya sekolah.

"Hal terbesar yang kita lihat adalah ketersediaan perumahan, ada begitu banyak warga yang tertekan dengan biaya rumah, atau mereka tidak punya tempat tinggal," katanya.

"Kita lihat orang hanya makan sekali sehari karena mereka harus bayar sewa rumah. Apa yang kita lihat tunjangan Newstart tidaklah cukup membuat orang bertahan."

Jeff Milkins at the Salvation Army.
Jeff Milkins dari Salvation Army mengatakan banyak warga yang tak bisa makan karena harus bayar sewa tempat tinggal. (ABC News: Mitchell Woolnough)


Desakan untuk meningkatkan tunjangan

Data Departemen Layanan Sosial tahun lalu menunjukkan 3.804 warga yang tinggal di dapil Clark menerima tunjangan Newstart, yang menyediakan pembayaran maksimum AU$555,70, atau lebih dari Rp 5,6 juta per dua minggu bagi warga tanpa anak, atau AU$ 601,10, atau lebih dari Rp 6 juta bagi yang sudah punya anak.

Sementara menurut laporan Real Estate Institute of Tasmania biaya sewa rata-rata di Glenorchy untuk bulan Maret adalah AU$405, atau lebih dari Rp 4 juta untuk sebuah rumah, dan AU$ 350, atau lebih dari 3,5 juta untuk sebuah unit kecil.

Partai Buruh telah berjanji untuk meninjau kembali tunjangan Newstart jika menang, sementara Andrew mengatakan pensiun dan tunjangan harus ditingkatkan dan dana bantuan sewa rumah perlu dinaikkan.

Jason Clarke adalah salah satu warga yang mengandalkan bantuan makanan dari yayasan Salvation Army setiap pekannya.

Ia mengatakan peningkatan tunjangan akan sangat membantu.

"Semua harga yang naik membuat saya tidak punya pilihan lain," kata Clarke.

Artikel ini telah disunting dan disadur dari laporan aslinya dalam bahasa Inggris yang bisa dibaca disini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed