DetikNews
Jumat 14 September 2018, 13:59 WIB

Aturan Mengambil Barang Buangan di Tepi Jalan di Australia

Australia plus ABC - detikNews
Aturan Mengambil Barang Buangan di Tepi Jalan di Australia
Sydney -

Kalau anda tinggal di Australia, dan tiba-tiba melihat tetangga Anda baru saja menempatkan sofa kulit tua di tepi jalan untuk dibuang.

Dan sofa kulit tua itu akan cocok untuk ruang tamu Anda dan Anda telah melihat orang-orang mengambil perabotan dari jalanan sebelumnya - tetapi apakah Anda diizinkan secara hukum untuk mengambilnya?

Itu tergantung dimana Anda tinggal.

Apa aturan tentang mengambil barang yang ditinggalkan di tepi jalan?

Undang-undang seputar menyelamatkan barang yang seharusnya ditakdirkan untuk TPA - diputuskan oleh dewan kota Anda yang dalam bahasa Inggrisnya disebut council.

Beberapa dewan kota mungkin memiliki undang-undang untuk mencegah aktivitas ini. Tapi anjuran di sebagian besar kota besar adalah bahwa sampah yang tersisa di pinggir jalan untuk diambil dewan kota adalah diperbolehkan.

Pembersihan barang buangan
Barang-barang ditempatkan di tepi jalan untuk diambil dewan kota. (ABC News: Kristina Harazim)

Bahkan, penyelamatan dianjurkan di Brisbane.

"Warga dipersilakan untuk mendaur ulang barang yang dikumpulkan di tepi jalan, namun, mereka harus memastikan bahwa barang-barang yang tersisa ditumpuk rapi dan tidak menciptakan penghalang ke jalan setapak atau jalan," kata juru bicara dewan.

Jadi apa yang harus saya lakukan jika saya melihat sesuatu yang saya sukai?

Jika Anda melihat sesuatu di pinggir jalan yang dapat Anda gunakan, ada etiket tertentu yang harus Anda ikuti.

External Link: It's important to be tidy and careful while browsing through items. WCMS.pluginCache.add('#embedExternalLink4', 'embedExternalLinks' );

Beberapa dewan kota menyarankan agar mencoba mencari izin dari pemilik rumah terlebih dahulu.

"Jika ada sesuatu di tumpukan yang orang ingin gunakan kembali, demi sopan santun mereka harus mencoba untuk menghubungi orang yang meletakkannya di sana untuk menanyakan apakah boleh dilakukan," kata juru bicara dari Kota Darwin.

Tetapi yang paling penting adalah untuk menghormati dan berhati-hati untuk tidak merusak apa pun.

Banyak dewan kota mengharuskan penduduk untuk menyortir barang-barang mereka ke tumpukan yang terpisah - seperti furnitur, barang listrik dan kasur - karena ini mempercepat proses pengumpulan dan memaksimalkan kemungkinan barang-barang yang didaur ulang.

Jadi jika Anda mengambil sesuatu tetapi memutuskan untuk tidak membawanya pulang, pastikan Anda mengembalikannya tepat di tempat Anda menemukannya.

Anda juga harus berhati-hati saat menangani barang yang mudah pecah, seperti jendela atau cermin.

Banyak dewan tidak akan mengumpulkan barang yang lepas, dan pecahan kaca yang dapat melukai orang.

Apakah ada barang yang harus saya hindari?

Barang-barang bekas tertentu berpotensi lebih merepotkan daripada nilainya.

Kasur dan alas tidur bekas, misalnya, bisa menyembunyikan kutu rambut, kutu kemaluan, kutu kasur dan jamur.

Furnitur yang terbuat dari chipboard atau MDF (papan serat kepadatan menengah) juga jauh lebih sulit untuk direnovasi daripada apa pun yang terbuat dari kayu padat.

Itu karena MDF dan chipboard adalah bahan papan murah yang terbuat dari serat kayu sisa yang telah ditekan dan direkatkan.

Lembaran papan partikel di sebuah toko.
Lembaran papan partikel di sebuah toko. (Flickr: Our United Villages)

"Produk-produk yang bukan kayu solid ini sangat sulit digunakan kembali, karena jika Anda mencoba membongkarnya, Anda akan selalu, selalu mematahkannya," kata Guido Verbist, manajer umum pusat The Bower di Sydney.

The Bower adalah pusat penggunaan kembali dan perbaikan yang mengumpulkan dan mengembalikan barang bekas untuk dijual kembali, tetapi tidak menerima barang yang terbuat dari papan partikel karena tidak tahan lama dan dapat melengkung ketika bersentuhan dengan air.

Verbist mengatakan Anda biasanya dapat mengetahui apakah sepotong furnitur terbuat dari MDF atau chipboard dengan memeriksa apakah itu memiliki lapisan tipis dari bahan yang terlihat seperti plastik di atasnya, seperti veneer dilaminasi.

Bagaimana jika saya ingin menaruh barang di tepi jalan?

Jika Anda ingin menyingkirkan beberapa perabotan lama di rumah Anda, Anda harus mempertimbangkan semua pilihan Anda terlebih dahulu.

Sebagian besar barang yang dikumpulkan selama pembersihan dewan langsung ke TPA, dan Brad Mashman, anggota Asosiasi Pengelolaan Limbah Australia dan pendiri toko barang buangan pertama Australia, mengatakan ada pilihan "jauh lebih baik" tersedia.

Brad Mashman di the Recovery Shop
Brad Mashman di the Recovery Shop (ABC Hobart: Carol Raabus)

"Pengumpulan sampah mendorong orang untuk membuang. Itu mengatakan jika Anda tidak menginginkannya, letakkan di tepi jalan. Buang saja di jalan setapak dan pergilah," katanya.

"Saya tidak menyurutkan niat orang untuk menyelamatkan dari pengumpulan sampah, tetapi ada peluang yang jauh lebih baik untuk memulihkan barang."

Berapa banyak yang didaur ulang?

Kota Darwin mendaur ulang 36 persen dari barang-barang yang dikumpulkan selama pembersihan pada tahun 2016. Tahun sebelumnya, mendaur ulang 22 persen.

From kerbside yellow bins to the recycling plant: What happens to your rubbish? The story of your rubbish

The story of your rubbish

Caroline Brown monitors what comes through in the recycling stream. (ABC Radio Canberra: Jolene Laverty)

From the kerbside yellow bins to the recycling plant, this is what happens to your household waste.

Kota Sydney juga memperingatkan di situs webnya bahwa banyak barang tidak bisa didaur ulang, karena mereka dalam kondisi yang terlalu buruk untuk diselamatkan.

Itulah salah satu alasan mengapa Sunshine Coast Council memangkas layanan pengumpulan dari tepi jalan pada tahun 2010.

"Pengumpulan sampah di tepi jalan menyia-nyiakan banyak sekali barang yang dapat didaur ulang, karena sekali mereka diletakkan di tepi jalan, hanya perlu hujan untuk menjadi tidak berguna," kata pernyataan itu.

Jadi apa saja alternatifnya?

Jika Anda memiliki barang-barang di rumah yang ingin Anda singkirkan, pertimbangkan apakah orang lain dapat menggunakannya terlebih dahulu.

Anda dapat menawarkan barang-barang Anda kepada teman dan keluarga, menyumbangkannya ke badan amal setempat, atau membawa mereka ke toko barang buangan lokal Anda.

"Tempat penerima memastikan bahwa material tidak hancur dan dapat dipulihkan dengan tepat," kata Mashman.

Anda juga bisa mencoba menjual barang Anda di situs seperti Gumtree dan Ebay, atau mengadakan obral garasi.

Pada akhirnya, saran Verbist adalah: "Jika Anda pikir itu akan cukup baik bagi diri Anda sendiri untuk terus menggunakannya, maka mungkin ada tempat bagi orang lain untuk menggunakannya."

Saran dari dewan kota-kota besar

Brisbane:

"Warga dipersilakan untuk mendaur ulang barang pengumpulang tepi jalan, namun, mereka harus memastikan bahwa barang-barang yang tersisa ditumpuk rapi dan tidak membuat penghalang ke jalan setapak atau jalan."

Sydney:

"Saran hukum kami adalah bahwa siapa pun yang mengambil barang-barang yang ditinggalkan di luar untuk penjemputan sampah besar melakukannya dengan risiko mereka sendiri."

Darwin:

"Secara teknis, sampah adalah milik orang yang menaruhnya di sana sampai dibuang oleh dewan kota. Jika ada sesuatu dalam tumpukan yang orang ingin gunakan kembali, sebagai sopan santun, mereka harus mencoba untuk menghubungi orang yang meletakkannya di sana untuk meminta jika itu boleh untuk diambil."

Perth:

"Tidak ada hukum yang melarang orang mengumpulkan barang yang dilepaskan oleh pemilik sebagai bagian dari pengambilan dari tepi jalan."

Adelaide:

"Tidak ilegal bagi seseorang untuk menyelamatkan limbah keras yang telah ditempatkan di pinggir jalan. [Tapi] seseorang tidak boleh memindahkan, mengeluarkan atau mencampur sampah domestik, daur ulang, sampah hijau atau limbah keras yang terkandung dalam sebuah wadah (termasuk botol, surat kabar, kaleng, wadah atau pengemasan)."

Melbourne:

"Kota Melbourne tidak memiliki undang-undang lokal khusus tentang praktik menelusuri limbah keras. Jika pengumpulan limbah sudah dipesan dan barang-barang sudah ditaruh tetapi pihak ketiga mengambil sampah sebelum kontraktor Kota Melbourne datang, bukan suatu pelanggaran."

Canberra:

Pemerintah ibukota Australia (ACT) saat ini hanya menawarkan layanan pengumpulan tepi jalan untuk pemegang kartu senior dan konsesi. Dengan demikian, adalah ilegal untuk meletakkan barang-barang di tepi jalan meski mereka dapat digunakan kembali.

"Meskipun tidak ada undang-undang khusus di ACT yang membuat ilegal bagi orang untuk mengambil barang-barang yang tersisa di tepi jalan, kami tidak menyurutkan publik mengambil barang karena mendorong pembuangan ilegal. Selain itu, masyarakat harus menyadari bahwa mereka mungkin mengambil barang yang memang milik orang lain dan harus memeriksa ke penghuni sebelum mengambil barang apa pun."

Hobart:

Kota Hobart tidak menawarkan layanan pengumpulan tepi jalan. Ini mendorong warga untuk menggunakan layanan yang ditawarkan oleh The Resource Work Cooperative.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.




(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed