CRIME STORY

Sudah Ditolong,
Malah Menipu

Modus penipuan oleh Andi Muhammad Yusuf dengan berpenampilan ala pilot ternyata sudah berkali-kali dia gunakan di sejumlah daerah. Bermula saat kecelakaan di Ciamis, Jawa Barat.

Ilustrasi: Edi Wahyono

Kamis, 22 September 2016

Sudah dikasih hati tapi masih minta jantung. Begitulah tingkah Andi Muhammad Yusuf, 27 tahun. Tiga bulan sebelum membawa kabur mobil sport milik pasangan Mulyadi-Herlinawati, Andi mengerjai seorang pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Ciamis, Jawa Barat.

“Andi ini pernah membawa kabur mobil Mitsubishi Mirage, cuma korban tak mau rame-rame, dia ikhlasin saja,” kata Ajun Inspektur Satu Eko Suseno, salah satu staf Reserse Kriminal Polsek Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, saat ditemui detikX awal September lalu. Mirage itu sempat digunakan Andi ke rumah Herlinawati. Cuma, pelat nomor polisi dan ban sudah diganti.

Pernah menyewa Alphard di Jogja tanpa membayar, lalu membawa kabur mobil pejabat di Ciamis yang menolongnya.”

Kasus itu bermula ketika Andi berkenalan dengan si pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Ciamis, sebut saja Asep, di sebuah lokasi. Andi mengaku baru mengalami kecelakaan dan mobilnya harus masuk bengkel. Karena kasihan dan percaya lawan bicara yang kena musibah itu adalah pilot, Asep menawari Andi singgah ke kediamannya. Andi tentu tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, dan sempat minta diantar berkeliling ke beberapa tempat di Ciamis.

“Malah kemudian si Andi minta diantar ke Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, karena harus segera terbang. Saking baiknya Asep, ya manut saja,” kata Eko.

Beberapa hari berselang, Andi menghubungi Asep melalui telepon. Dia mengaku baru mendarat di Yogyakarta dan akan singgah ke kediaman Asep. Untuk lebih meyakinkan calon korban bahwa dirinya adalah pilot bonafide, Andi menuju ke kediaman Asep di Ciamis dengan menumpang Toyota Alphard. Di sana dia sempat bercengkerama dengan Asep sekeluarga. Tak lama berselang, Andi meminjam Mitsubishi Mirage milik Asep untuk ke bengkel tempat mobilnya diperbaiki.

Ditunggu hingga petang menjelang, Andi tak ada kabar. Nomor ponselnya pun tak aktif. Asep baru benar-benar tersadar telah kena tipu ketika sopir Toyota Alphard yang menanti di rumahnya mengatakan mobil itu adalah sewaan dan belum dibayar.

Kepada penyidik, Andi mengaku tak punya pekerjaan tetap. Cuma, lelaki asal Balikpapan, Kalimantan Timur, itu pernah menjadi sopir di sekitar Bandara Soekarno-Hatta. “Saya melihat para pilot itu gagah-gagah dan semua orang hormat (kepadanya). Saya kepikiran ingin seperti mereka, lalu beli pakaiannya di Pasar Senen, Jakarta,” tutur Andi.

Selama di Jakarta, lelaki pengangguran itu tak punya tempat tinggal tetap. “Dia nomaden, berpindah-pindah karena tinggal di mobil curian itu,” kata Eko.

* * *

Dia bisa cepat kami tangkap karena tak keburu mengecat ulang warna mobil atau mengganti nomor polisi.”

Begitu mendapat laporan dari Mulyadi dan Herlinawati, tim Reserse Mobil Polsek Bandara Soekarno-Hatta langsung bergerak. Sejumlah rekaman dari kamera pengintai milik PT Angkasa Pura dan di pintu-pintu tol diperiksa. Dari rekaman yang ada, tergambar jelas gerak-gerik Andi. Dia antara lain pernah mampir ke minimarket dan bertegur sapa dengan tukang parkir serta petugas satuan pengamanan.

“Pada Jumat malam, 5 Agustus, itu pelaku terpantau sempat mengisi bensin di Tegal. Kami sempat akan menyergapnya di sana. Tapi dia cuma istirahat sebentar dan langsung menuju Jogja,” kata Eko.

Tim pemburu lalu berkoordinasi dengan kepolisian Yogyakarta untuk terus memantau pergerakannya. Tapi Andi sepertinya kelelahan setelah mengemudikan kendaraan selama belasan jam. Di sebuah rumah kos milik kenalannya di Jalan Setoran 2, Sleman, Yogyakarta, di tertidur dengan lelapnya. “Dia bisa cepat kami tangkap karena tak keburu mengecat ulang warna mobil atau mengganti nomor polisi.”


Reporter/Penulis: Reza Rizaldy (magang)
Editor: Sudrajat
Desainer: Luthfy Syahban

Rubrik Crime Story mengulas kasus-kasus kriminal yang menghebohkan, dikemas dalam bahasa bercerita atau bertutur, dilengkapi dengan gambar  ilustrasi yang menarik.

SHARE