detikcom

Senin, 10/02/2014 18:03 WIB

Status Gunung Kelud Meningkat Menjadi Siaga

Budi Sugiharto - detikNews
Surabaya - Status Gunung Kelud di Jawa Timur mengalami perubahan status. Dari waspada, status gunung api aktif itu meningkat menjadi Siaga (Level III).

Badan Geologi melalui website resmi ESDM mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 Kilometer.

Masyarakat di sekitar Gunung Kelud juga diminta tetap tenang, tidak terpancing isu-isu tentang letusan serta harap selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.

Peningkatan status itu ditetapkan sejak Pukul 16.00 Wib, Senin (10/2/2014) setelah melihat hasil pemantauan visual dan instrumental. Dan suhu air panas di kawah gunung yang berada di perbatasan Kediri, Blitar dan Malang menunjukkan peningkatan.

Hingga pukul 12.00 WIB, tercatat 92 kali Gempa Vulkanik Dangkal (VB) dan 33 kali Gempa Vulkanik Dalam (VA).



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(fat/gik)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
73%
Kontra
27%