detikcom
Kamis, 31/10/2013 18:14 WIB

Penemuan Danau Perawan 'Ranu Tompe' di Lereng Semeru Dirahasiakan

M Amunudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dugaan lokasi Ranu Tompe/ Repro GoogleEarth
Malang - Danau atau Ranu Tompe telah ditemukan. Lokasinya cukup misterius dan sementara ini sengaja tidak dipublikasikan untuk umum. Danau di lereng Gunung Semeru ini diyakini menyimpan kekayaan hayati yang luar biasa, termasuk lokasi bersarang Macan Tutul.

Keberadaan danau yang masih perawan itu awalnya diketahui dari keterangan masyarakat yang diperkuat dari foto citra satelit.

Untuk membuktikan itu, Tim Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) melakukan ekspedisi khusus pada pada 4-13 Oktober 2013.

"Kita lakukan ekspedisi secara langsung," kata KepalaBB TNBTS Ayu Dewi Utari kepada detikcom di kantornya, Kamis (31/10/2013).

Ayu mengungkapkan, tak satupun pernah berkunjung langsung ke lokasi, sebelum ekspedisi dilakukan. Berbeda dengan keberadaan danau lainnya, seperti Ranu Kumbolo ataupun Ranu Pane sudah terakses khalayak.

"Dengarnya sudah lama, tapi kita baru membuktikan ke sana secara langsung," ucap wanita berjilbab ini.

Ia sendiri enggan menyebutkan, secara detil koordinat lokasi danau tersebut. Alasannya demi perlindungan, karenan masuk zona inti dari taman nasional. Next

Halaman 1 2

Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(gik/gik)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
74%
Kontra
26%