Senin, 14/10/2013 17:37 WIB

Pengrajin Batu Bata Temukan Arca Durga Mahesa

Santi Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 3
Lokasi ditemukannya arca Durga Mahesa
Lumajang - Seorang perajin batu bata menemukan sejumlah arca. Supriyadi menemukannya saat sedang menggali tanah untuk bahan pembuatan batu-bata. Arca itu segera diserahkan ke Polsek terdekat.

Mata cangkul yang diayunkan pria 28 tahun itu membentur benda keras. Benturan itu membuat pria asal Dusun Kedungsari, Desa Kedungmoro, Kecamatan Kunir ini curiga. Setelah dicongkel dan dibongkar, terkejutlah Supardi.

Sejumlah arca ternyata ditemukannya terpendam di lokasi tanah yang ia gali. Arca itu berbentuk Durga Mahesa yang ditemukannya beserta beberapa arca pendukung seperti arca kuda, relief bunga dan beberapa pecahan relung candi.

Untuk keamanan, temuan arca diserahkan Supriyadi ke Polsek Kunir yang sebelumnya telah dilapori untuk datang ke lokasi. Hingga kini, arca-arca itu masih diamankan aparat kepolisian utnuk koordinasi lebih lanjut dengan Balai Arkeologi guna penelitian lebih lanjut.

Koordinator Aktivis Arkeologi dan Penyelamatan Budaya di Kabupaten Lumajang, yakni Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit Timur (MPPMt) Mansyur Hidayat kepada detiksurabaya.com, Senin (14/10/2013), mengungkapkan dugaannya bahwa arca tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Lamajang Tigang Juru pada abad ke 14 Masehi.

"Temuan benda-benda purbakala ini tergolong unik karena didapati adanya struktur batu bata merah yang ornamennya berupa relief perwujudan arca Betari Durga,” kata Mansyur kepada detikcom, Senin (14/10/2013).

Dari pemeriksaan, Arca Durga Mahesa diketahui diukir di batu merah, memiliki ketinggian 46 centimeter dengan panjang 35 centimeter dan lebar 25 centimeter. Untuk relief arca kuda setinggi 18 centimeter dan lebar 25 centimeter yang lengkap dengan pelananya. Next

Halaman 1 2 3

Rayakan kasih sayang anda dengan coklat. tapi bagaimana kalau coklat tersebut ternyata rekondisi? Simak di Reportase Investigasi, Pukul 16.30 WIB Hanya di TRANS TV

(iwd/iwd)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%