detikcom

Senin, 14/10/2013 17:37 WIB

Pengrajin Batu Bata Temukan Arca Durga Mahesa

Santi Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 3
Lokasi ditemukannya arca Durga Mahesa
Lumajang - Seorang perajin batu bata menemukan sejumlah arca. Supriyadi menemukannya saat sedang menggali tanah untuk bahan pembuatan batu-bata. Arca itu segera diserahkan ke Polsek terdekat.

Mata cangkul yang diayunkan pria 28 tahun itu membentur benda keras. Benturan itu membuat pria asal Dusun Kedungsari, Desa Kedungmoro, Kecamatan Kunir ini curiga. Setelah dicongkel dan dibongkar, terkejutlah Supardi.

Sejumlah arca ternyata ditemukannya terpendam di lokasi tanah yang ia gali. Arca itu berbentuk Durga Mahesa yang ditemukannya beserta beberapa arca pendukung seperti arca kuda, relief bunga dan beberapa pecahan relung candi.

Untuk keamanan, temuan arca diserahkan Supriyadi ke Polsek Kunir yang sebelumnya telah dilapori untuk datang ke lokasi. Hingga kini, arca-arca itu masih diamankan aparat kepolisian utnuk koordinasi lebih lanjut dengan Balai Arkeologi guna penelitian lebih lanjut.

Koordinator Aktivis Arkeologi dan Penyelamatan Budaya di Kabupaten Lumajang, yakni Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit Timur (MPPMt) Mansyur Hidayat kepada detiksurabaya.com, Senin (14/10/2013), mengungkapkan dugaannya bahwa arca tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Lamajang Tigang Juru pada abad ke 14 Masehi.

"Temuan benda-benda purbakala ini tergolong unik karena didapati adanya struktur batu bata merah yang ornamennya berupa relief perwujudan arca Betari Durga,” kata Mansyur kepada detikcom, Senin (14/10/2013).

Dari pemeriksaan, Arca Durga Mahesa diketahui diukir di batu merah, memiliki ketinggian 46 centimeter dengan panjang 35 centimeter dan lebar 25 centimeter. Untuk relief arca kuda setinggi 18 centimeter dan lebar 25 centimeter yang lengkap dengan pelananya. Next

Halaman 1 2 3

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(iwd/iwd)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Penangkapan BW Adalah Balas Dendam Polri ke KPK

Banyak pihak yang mengecam penangkapan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) oleh Bareskrim Polri. Bahkan, mantan Plt Pimpinan KPK Mas Ahmad Santosa berpendapat penangkapan oleh Polri terhadap BW merupakan tindakan balas dendam terkait penetapan tersangka Komjen Pol Budi Gunawan oleh KPK. Bila Anda setuju dengan Mas Ahmad Santosa, pilih Pro!
Pro
76%
Kontra
24%