detikcom
Senin, 14/10/2013 17:37 WIB

Pengrajin Batu Bata Temukan Arca Durga Mahesa

Santi Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 3
Lokasi ditemukannya arca Durga Mahesa
Lumajang - Seorang perajin batu bata menemukan sejumlah arca. Supriyadi menemukannya saat sedang menggali tanah untuk bahan pembuatan batu-bata. Arca itu segera diserahkan ke Polsek terdekat.

Mata cangkul yang diayunkan pria 28 tahun itu membentur benda keras. Benturan itu membuat pria asal Dusun Kedungsari, Desa Kedungmoro, Kecamatan Kunir ini curiga. Setelah dicongkel dan dibongkar, terkejutlah Supardi.

Sejumlah arca ternyata ditemukannya terpendam di lokasi tanah yang ia gali. Arca itu berbentuk Durga Mahesa yang ditemukannya beserta beberapa arca pendukung seperti arca kuda, relief bunga dan beberapa pecahan relung candi.

Untuk keamanan, temuan arca diserahkan Supriyadi ke Polsek Kunir yang sebelumnya telah dilapori untuk datang ke lokasi. Hingga kini, arca-arca itu masih diamankan aparat kepolisian utnuk koordinasi lebih lanjut dengan Balai Arkeologi guna penelitian lebih lanjut.

Koordinator Aktivis Arkeologi dan Penyelamatan Budaya di Kabupaten Lumajang, yakni Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit Timur (MPPMt) Mansyur Hidayat kepada detiksurabaya.com, Senin (14/10/2013), mengungkapkan dugaannya bahwa arca tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Lamajang Tigang Juru pada abad ke 14 Masehi.

"Temuan benda-benda purbakala ini tergolong unik karena didapati adanya struktur batu bata merah yang ornamennya berupa relief perwujudan arca Betari Durga,” kata Mansyur kepada detikcom, Senin (14/10/2013).

Dari pemeriksaan, Arca Durga Mahesa diketahui diukir di batu merah, memiliki ketinggian 46 centimeter dengan panjang 35 centimeter dan lebar 25 centimeter. Untuk relief arca kuda setinggi 18 centimeter dan lebar 25 centimeter yang lengkap dengan pelananya. Next

Halaman 1 2 3

Ikuti sejumlah peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 12.45 WIB

(iwd/iwd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
70%
Kontra
30%
MustRead close