Detik.com News
Detik.com
Selasa, 24/09/2013 12:57 WIB

Pilgub Jatim

Sidang MK Hari Ini, Kubu Berkah Persoalkan Dana APBD

Rois Jajeli - detikNews
Sidang MK Hari Ini, Kubu Berkah Persoalkan Dana APBD
Surabaya - Sidang gugatan hasil Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2013 di Mahkamah Konstitusi (MK) akan digelar pada hari ini.

Kubu pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah) menyoroti dugaan penggunaan dana APBD Pemprov Jawa Timur yang dilakukan KarSa sebagai pasangan incumbent.

Calon Wakil Gubernur Herman S Sumawiredja menilai, dalam pemilihan kepala daerah penggunaan APBD untuk meraih dukungan rakyat menjadi tren baru dalam dunia politik Indonesia, terutama menjelang pemilu.

"Cara menang dengan curang itu adalah kejahatan politik yang harus diadili," kata Herman melalui rilis yang diterima detikcom, Selasa (24/9/2013).

Katanya, modus baru kejahatan politik tersebut tidak bisa dibawa ke ranah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kepolisian, kejaksaan maupun KPK.

"Hanya bisa diajukan dan bisa diputus MK," terangnya. Kata mantan Kapolda Jatim ini, dana hibah dan bantuan sosial menjelang pilgub mengalami kenaikan yang signifikan, serta ada bantuan untuk pemerintahan desa.

Dalam rilis itu disebut nilainya melebihi Rp 5 triliun. "Ada kejanggalan dan aneh pada 2013 ini terjadi beberapa kali perubahan anggaran," katanya.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(roi/gik)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

MA Harus Turun Tangan Setop 'Sarpin Effect'!

Putusan hakim PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang memperbolehkan status tersangka jadi materi gugatan praperadilan berpotensi menimbulkan kekacauan hukum di Indonesia. "MA harus menyetop. Segera batalkan putusan Sarpin. Kalau tidak, semua tersangka akan melakukan hal yang sama," jelas FH Unsoed Purwokerto, Prof Dr Hibnu Nugroho. Bila Anda setuju dengan Prof Hibnu, pilih Pro!
Pro
93%
Kontra
7%