Detik.com News
Detik.com
Minggu, 11/08/2013 14:47 WIB

Inilah Isi Pakta Pilkada Jatim Damai

Norma Anggara - detikNews
Inilah Isi Pakta Pilkada Jatim Damai
Surabaya - Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono mengimbau masing-masing cagub dan cawagub Jatim ikut menjaga situasi tetap kondusif selama masa kampanye dan pencoblosan.

Hal ini juga tertuang bersama 5 butir isi Deklarasi Kesepakatan Damai yang ditandatangani Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jatim. Isinya sebagai berikut:

1. Masing-masing pasangan siap melaksanakan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jatim tahun 2013 secara jujur, santun dan bermartabat

2. Siap bekerja sama dengan penyelenggara Pemilu dan Pengawas Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jatim Tahun 2013, untuk tidak mengangkat isu-isu yang berbau sara

3. Bersama polisi dan aparat TNI siap untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan damai serta dapat mengendalikan massa pendukungnya masing-masing, dan mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

4. Masing-masing pasangan dapat menerima hasil pleno penyelenggara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

5. Siap untuk dipilih dan siap untuk tidak dipilih dalam Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jawa Timur dan siap mendukung Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih periode 2013-2018 melalui proses pemilihan yang demokratis dan transparan.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Cahyono juga mengimbau agar cagub dan cawagub serta tim sukses mampu mengedepankan musyawarah dan mufakat dalam menyikapi perbedaan. Selain itu bijaksana menjalankan UU berkaitan dengan pemilihan umum utama dalam penyelesaian permasalahan yang ada.

"Kami harap semua pelaksana Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dapat berlangsung jujur, santun dan bermartabat. Cagub dan cawagub diharap siap dipilih dan siap tidak dipilih," kata Irjen Pol Unggung Cahyono di Mapolda Jatim, Minggu (11/8/2013).


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(nrm/fat)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%