detikcom
Sabtu, 15/06/2013 14:28 WIB

3.800 Calon Jamaah Haji di Jatim Terancam Tertunda Berangkat Haji 2013

Rois Jajeli - detikNews
Halaman 1 dari 2
File: detiksurabaya.com
Surabaya - Rehabilitasi pembangunan Masjidil Haram yang belum rampung, tidak menutup kemungkinan berdampak pada pengurangan keberangkatan calon jamaah haji asal Jawa Timur. Diperkirakan, jamaah yang bisa berangkat di musim haji 2013 sekitar 30.000-an orang, sedangkan yang tertunda sekitar 3.800 orang.

"Di Jawa Timur, calon jamaah haji yang sudah lunas tapi kemungkinan tertunda sekitar 3.800-an. Sedangkan yang lunas dan berangkat sekitar 30.000-an," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur M Sudjak kepada wartawan di sela acara rapat koordinasi MTQ ke XXV Tingkat Jatim 2013 di ruang Binaloka komplek Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Sabtu (15/6/2013).

Ia menerangkan, pengurangan kuota jamaah haji, karena ada keterlambatan rehabilitasi Masjidil Haram. Rehab tersebut bukan berada di luar Masjidil haram, tapi masuk area dalam Masjidil Haram, terutama di tingkat 2 dan tingkat 3 di tempat tawaf.

Dari perhitungan Pemerintah Arab Saudi, pada saat kondisi normal, tempat tawaf dapat menampung 48 ribu jamaah per jam. Ketika masih dalam rehab, hanya menampung 22 ribu jamaah per jam.

"Jadi turunnya sangat drastis. Sehingga kalau itu dilakukan terus sesuai dengan kuota yang ada, maka akan berakibat terganggunya dan terancam keselamatan jiwa jamaah. Itu menurut analisas Pemerintah Arab Saudi. Untuk menyelamatkan jamaah, maka dikurangi kuota untuk seluruh negara sebanyak 20 persen," paparnya.

Meski demikian, Pemerintah RI melalui Menteri Agama melakukan upaya diplomatik membahas rencana tersebut. Menag Suryadharma Ali akan berangkat menemui Pemerintah Arab Saudi selama 7 hari mulai 20-27 Juni 2013.

Ada dua opsi yang akan diajukan Pemerintah RI ke Pemerintah Arab Saudi.Pertama, mengembalikan semula ke kuota jamaah haji secara nasional yakni sebanyak 211.000 jamaah. Jika opsi tersebut tidak dikabulkan, maka opsi kedua yakni, semua calon jamaah haji yang sudah melunasi sampai pada 12 Juni lalu dapat diberangkatkan semua.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(roi/fat)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
70%
Kontra
30%