detikcom
Senin, 13/05/2013 20:23 WIB

Komnas HAM: Pecat Guru yang Melakukan Kekerasan

Norma Anggara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Surabaya - Peristiwa kekerasan yang menimpa siswa SMP Kemala Bhayangkari I bernama Russell Varcas (13) sungguh disesalkan. Komnas HAM mengimbau pihak sekolah harus bertindak tegas. Kalau perlu, oknum guru yang melakukan kekerasan dipecat.

"Itu tindakan yang tidak mendidik, apalagi kalau kekerasan itu dilakukan di depan kelas, di hadapan banyak siswa. Kalau perlu gurunya dipecat. Guru semacam itu justru merugikan sekolah," kata Siane Indriani saat dihubungi detikcom, Senin (13/5/2013).

Perempuan yang menjabat sebagai Ketua Komisi Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM ini menegaskan, kekerasan macam apapun kepada siswa itu dilarang. Pasalnya, perlakuan kasar kepada siswa diyakini akan mengakibatkan dampak buruk.

"Selain menimbulkan trauma, guru yang melakukan kekerasan semacam ini berpotensi menularkan sikap dan sifat keras kepada anak didiknya," jelas Siane.

Berkali-kali Siane mengatakan bahwa pihaknya sangat menyesalkan peristiwa ini terjadi. Apalagi, oknum guru yang memukulkan kepalanya ke kepala Russell dilakukan di depan kelas, di hadapan para siswa lainnya.

"Guru semacam ini jangan lagi diizinkan mengajar langsung ke anak, karena dia seenaknya saja mempertontonkan kekerasan," jelas Siane.

Menurut Siane, guru yang baik seharusnya bisa memunculkan suasana nyaman dan menyenangkan dalam proses belajar mengajar. Guru bertugas memberikan motivasi kepada murid supaya senang belajar.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(nrm/bdh)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
71%
Kontra
29%