detikcom
Rabu, 08/05/2013 11:34 WIB

Perkusi Apung 4 Jam Non Stop SMAN Kejayan Sedot Perhatian Warga

Muhajir Arifin - detikNews
Perkusi apung di Sungai Cumplong/Muhajir
Pasuruan - Beginilah cara siswa SMAN 1 Kejayan, Pasuruan berkampanye 'Sungai Sehat'. Mereka menampilkan perkusi apung 4 jam non stop di atas Sungai Cumplong sepanjang 100 meter. Aksi mereka menyedot perhatian warga.

Penampilan perkusi apung digelar di Sungai Cemplong, Kejayan, Rabu (8/5/2013). Sebanyak 360 siswa dari semua kelas terlibat dalam gelaran ini. Mereka membagi diri dalam 32 grup perkusi dimana setiap grup terdiri dari 5-8 orang.

Seru! Para siswa beraksi dia atas panggung apung yang dibuat dari rakit bambu, drum bekas dan ban bekas. Mereka sangat fasih memukul peralatan perkusi dari kaleng bekas, pertalatan rumah tangga dan barang daur ulang lain.

Para siswa menghentak serempak. Panggung apung yang mereka naiki pun bergerak seiring irama perkusi. Ratusan warga yang melihat ikut bergoyang. Mereka tertawa dan ikut gembira.

Semakin semarak karena para peserta mengenakan kostum beraneka ragam. Seperti kostum tentara, wisuda, patrol, adat jawa, pandu sorak, anak band hingga kostum kerajaan.

"Sengaja kita gelar di sungai agar siswa semakin sadar akan kelestarian sungai, bahwa menjaga kebersihan sungai itu penting," kata Edy Santoso, panitia acara.

Menurut Edy, kesadaran siswa tidak bisa terwujud jika hanya diberi pelajaran di ruang kelas. "Ini gabungan dari mata pelajarana seni budaya dan muatan lokal mitigasi," imbuh Edy.

Andika Ika Sasmita, siswa kelas 11 IPA 2 mengatakan sangat antusias mengikuti acara tersebut. Selain bisa bergembira bersama, gelaran tersebut juga menjadi bahan penilaian dalam mata pelajaran seni budaya. Menurut dia, dengan akan digelarnya perkusi apung, para siswa bisa bersih-bersih sungai.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(fat/fat)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%