Selasa, 05/03/2013 16:00 WIB

Inovasi Semen Indonesia Mampu Menghemat Biaya Lebih Dari Setengah Triliun

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Surabaya - Sudah 3 kali Semen Indonesia menggelar Award on Innovation (penghargaan inovasi). Dan setiap tahunnya perusahaan semen plat merah ini berhasil menekan biaya lebih dari setengah trilyun lewat inovasi tersebut.

"Tahun 2011 kami bisa menghemat biaya hingga Rp 593 miliar. Tahun 2012 potensi angkanya lebih besar lagi, Rp 639 miliar," kata Rudi Hermawan kepada wartawan dalam press conference Semen Indonesia Award on Innovation (SIAI) 2012 di Restoran Hallo Surabaya, Jalan Bubutan, Selasa (5/3/2013).

Kepala Departemen Litbang dan Jaminan Mutu Semen Indonesia ini menambahkan, sebenarnya penghematan biaya merupakan efek samping dari inovasi. Tujuan sebenarnya dari Semen Indonesia Award on Innovation (SIAI) adalah mendorong terciptanya budaya inovasi (innovation culture).

"Peningkatan efisiensi dengan sendirinya akan meningkatkan profitabilitas perusahaan," tambah Rudi.

Rudi menerangkan, budaya inovasi terbukti mampu meningkatkan daya saing perseroan. Tanpa inovasi, kata Rudi, sebuah perusahaan akan menggali kuburnya sendiri. Dijelaskan Rudi, inovasi juga berfungsi sebagai sarana transfer pengetahuan dan best practises di lingkungan grup perusahaan.

Sementara itu, konsultan SIAI Ahmad Rusdiansyah mengatakan, SIAI sudah memasuki tahun ke 4. Berbeda dengan perhelatan SIAI pada tahun sebelumnya, SIAI tahun ini boleh diikuti oleh anak perusahaan. Pada tahun sebelumnya, SIAI hanya diikuti oleh karyawan Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa.

"Pada SIAI tahun ini, ada 2 penambahan kategori dari sebelumnya yang hanya 3 kategori," ujar Rusdiansyah.

5 kategori itu adalah kategori bahan baku dan produk, kategori teknologi dan proses produksi tambang-raw mill, kategori teknologi dan proses produksi kiln-finish mill, kategori manajemen, dan kategori anak perusahaan dan afiliasi.

"Ada 178 proposal inovasi yang masuk ke meja panitia. 76 dari Semen Padang, 65 dari Semen Indonesia, dan 37 dari Semen Tonasa. Jumlah ini meningkat 42 % dari jumlah tahun kemarin sebanyak 125 proposal," lanjut Rusdiansyah.

Pemenang SIAI 2012 akan diumumkan Kamis (7/3/2013) mendatang. "Ada 3 juri yang menilai yakni juri dari ITS, ITB, dan praktisi inovasi," tandas Rusdiansyah.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(iwd/iwd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Motor akan Dilarang Melintas di Jalan Protokol Jakarta

Pada Desember 2014 mendatang motor tidak diperbolehkan untuk melintas di Bundaran HI hingga Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Rencananya motor akan dilarang di semua jalan protokol yang ada di Jakarta. Bila Anda setuju dengan kebijakan Pemprov DKI ini, pilih Pro!
Pro
33%
Kontra
67%