Selasa, 05/03/2013 16:00 WIB

Inovasi Semen Indonesia Mampu Menghemat Biaya Lebih Dari Setengah Triliun

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Surabaya - Sudah 3 kali Semen Indonesia menggelar Award on Innovation (penghargaan inovasi). Dan setiap tahunnya perusahaan semen plat merah ini berhasil menekan biaya lebih dari setengah trilyun lewat inovasi tersebut.

"Tahun 2011 kami bisa menghemat biaya hingga Rp 593 miliar. Tahun 2012 potensi angkanya lebih besar lagi, Rp 639 miliar," kata Rudi Hermawan kepada wartawan dalam press conference Semen Indonesia Award on Innovation (SIAI) 2012 di Restoran Hallo Surabaya, Jalan Bubutan, Selasa (5/3/2013).

Kepala Departemen Litbang dan Jaminan Mutu Semen Indonesia ini menambahkan, sebenarnya penghematan biaya merupakan efek samping dari inovasi. Tujuan sebenarnya dari Semen Indonesia Award on Innovation (SIAI) adalah mendorong terciptanya budaya inovasi (innovation culture).

"Peningkatan efisiensi dengan sendirinya akan meningkatkan profitabilitas perusahaan," tambah Rudi.

Rudi menerangkan, budaya inovasi terbukti mampu meningkatkan daya saing perseroan. Tanpa inovasi, kata Rudi, sebuah perusahaan akan menggali kuburnya sendiri. Dijelaskan Rudi, inovasi juga berfungsi sebagai sarana transfer pengetahuan dan best practises di lingkungan grup perusahaan.

Sementara itu, konsultan SIAI Ahmad Rusdiansyah mengatakan, SIAI sudah memasuki tahun ke 4. Berbeda dengan perhelatan SIAI pada tahun sebelumnya, SIAI tahun ini boleh diikuti oleh anak perusahaan. Pada tahun sebelumnya, SIAI hanya diikuti oleh karyawan Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa.

"Pada SIAI tahun ini, ada 2 penambahan kategori dari sebelumnya yang hanya 3 kategori," ujar Rusdiansyah.

5 kategori itu adalah kategori bahan baku dan produk, kategori teknologi dan proses produksi tambang-raw mill, kategori teknologi dan proses produksi kiln-finish mill, kategori manajemen, dan kategori anak perusahaan dan afiliasi.

"Ada 178 proposal inovasi yang masuk ke meja panitia. 76 dari Semen Padang, 65 dari Semen Indonesia, dan 37 dari Semen Tonasa. Jumlah ini meningkat 42 % dari jumlah tahun kemarin sebanyak 125 proposal," lanjut Rusdiansyah.

Pemenang SIAI 2012 akan diumumkan Kamis (7/3/2013) mendatang. "Ada 3 juri yang menilai yakni juri dari ITS, ITB, dan praktisi inovasi," tandas Rusdiansyah.

Rayakan kasih sayang anda dengan coklat. tapi bagaimana kalau coklat tersebut ternyata rekondisi? Simak di Reportase Investigasi, Pukul 16.30 WIB Hanya di TRANS TV

(iwd/iwd)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
73%
Kontra
27%