detikcom

Rabu, 30/01/2013 14:55 WIB

Dana Sertifikasi 2012 Ngendon, Puluhan Guru Ngelurug Kemenag Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Situbondo - Puluhan guru dari berbagai sekolah di Situbondo ngelurug kantor Kemenag setempat, Rabu (30/1/2013). Para guru berstatus PNS itu mempertanyakan dana sertifikasi tahun 2012 yang hingga kini tidak kunjung cair.

Tak tanggung-tanggung, dana sertifikasi yang ngendon itu untuk pembayaran hingga 7 sampai 8 bulan. Nominalnya berfariasi sesuai dengan gaji pokok masing-masing PNS penerima sertifikasi Kemenag yang mencapai 380 orang.

"Dengan tidak cairnya dana sertifikasi ini kita seperti dianak-tirikan. Kami ini sebenarnya guru di bawah naungan Dinas Pendidikan yang diperbantukan ke Kemenag. Kalau seperti ini, kami akan mendesak agar kami dikembalikan lagi ke induk yakni Dinas Pendidikan," tegas Ahsan Fadhilah, seorang guru kepada detikSurabaya.com.

Keterangan yang dihimpun, puluhan guru yang mendatangi kantor Kemenag Situbondo itu adalah penerima sertifikasi dari unsur Pendidik Agama Islam (PAIS). Mereka berasal dari guru SD, SMP, SMA/SMK di Situbondo. Para guru PAIS ini kesal karena dana sertifikasi Kemenag yang dianggarkan lewat APBN tahun 2012 seluruhnya tidak cair. Selama setahun itu, para guru mengaku hanya menerima pencairan dana sertifikasi 4 - 5 bulan saja.

"Jadi yang kami terima hanya 4 - 5 bulan, selebihnya yang 7 - 8 bulan sampai sekarang tidak cair. Makanya kami ke sini untuk mempertanyakan itu. Nominalnya macam-macam, sesuai gaji pojok. Ya ada yang Rp 2 juta, Rp 3 juta, bahkan lebih dari itu," timpal Mis Edy Kiswoyo, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Situbondo.

Selama di Kantor Kemenang, puluhan guru itu diterima di ruang Aula kantor Kemenag Situbondo. Mereka ditemui langsung Kepala Kemenag Situbondo, Rosyadi Badar dan Kasi Mapendais, Susiawan Setiobudi.

Kepada para guru itu, Rosyadi Badar menjelaskan bahwa dana yang dialokasikan untuk pembayaran sertifikasi PNS PAIS tahun 2012 sebesar Rp 11 miliar lebih sudah tersalurkan seluruhnya. Sehingga untuk kekurangan pembayaran sertifikasi PNS PAIS tahun 2012 masih menunggu DAU sertifikasi PNS tahun 2013.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(fat/fat)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
78%
Kontra
22%