detikcom
Kamis, 02/08/2012 18:18 WIB

Puncak Mudik di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Diprediksi H-2

Zainal Effendi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Surabaya - Arus mudik lebaran di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk diperkirakan terjadi pada H-2. Jumlah penumpang baik orang atau kendaraan mengalami peningkatan 6 persen dibanding tahun lalu.

Menurut Kepala Dishub dan LLAJ Jatim Wahid Wahyudi, puncak arus mudik di pelabuhan yang menghubungkan Provinsi Jatim-Bali akan terjadi di Pelabuhan Gilimanuk. Dengan jumlah penumpang sekitar 70 ribu dengan jumlah kendaraan roda dua, 17 ribu dan kendaraan roda empat mencapai 5 ribu kendaraan.

Sedangkan puncak di Pelabuhan Ketapang, jumlah penumpang mencapai 51 ribu
dengan jumlah kendaraan roda dua sekitar 10 ribu sepeda motor dan 5 ribu
kendaraan roda empat yang akan memenuhi puncak arus mudik diprediksi pada H-2.

Selain memprediksi puncak arus mudik, Wahid juga memperkirakan jam-jam
yang diperkirakan akan dipadati para pemudik dari Pelabuhan Gilimanuk, yakni pukul 09.00-16.00 WITA untuk penumpang orang.

Sedangkan antrean sepda motor akan terjadi antara pukul 08.00-03.00 WITA, untuk mobil diperkirakan terjadi pukul 19.00-04.00 WITA.

"Saat puncak lebaran, akan kita operasikan masing-masing 35 kapal feri dari kedua pelabuhan dengan jumlah trip masing-masing 245 perjalanan pulang pergi dengan rata-rata daya angkut tiap perjalanan 628 penumpang, 272 sepeda motor dan 82 mobil," kata Wahid kepada detiksurabaya.com saat dihubungi, Kamis (2/8/2012).

Sementara jumlah dermaga yang akan digunakan untuk mengantisipasi puncak
arus mudik di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Wahid mengungkapkan jika 6
dermaga di Pelabuhan Ketapang siap digunakan.Next

Halaman 1 2

Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(ze/fat)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
71%
Kontra
29%