detikcom
Rabu, 18/01/2012 16:02 WIB

Harga Tanah Properti di Surabaya dan Gresik Naik, Sidoarjo Stagnan

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi/file detikFoto
Surabaya - Selain emas, tanah dan properti merupakan investasi teraman lainnya. Harga properti jarang turun dan cenderung terus naik. Di Surabaya dan Gresik, tanah dan properti terus berkembang. Sedangkan di Sidoarjo, harga tanah dan properti tetap dan malah cenderung turun.

"Pada tahun lalu (2011), market properti khususnya menengah ke atas di Surabaya naik tajam, 30 - 300 %," kata ketua DPD Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi), Daniel Sunyoto, kepada wartawan seusai annual conference : Fly High and Be a Star Era Tjandra, di Gramedia Expo, Jalan Basuki Rahmat, Rabu (18/1/2012).

Daniel mengatakan bahwa harga untuk properti menengah ke bawah malah tidak bisa diperkirakan dan cenderung stabil. Karena properti untuk kelas tersebut cenderung lebih banyak ditempati. Sedangkan untuk properti menengah ke atas, Daniel menerangkan cenderung naik karena sifatnya yang digunakan untuk investasi.

"Mereka kan punya dana lebih, karena itu mereka bisa membeli beberapa untuk disewakan atau untuk usaha. Kenaikan harga properti tersebut kami perkirakan bisa tumbuh hingga 4 tahun ke depan," tambah Daniel.

Daniel menjelaskan, wilayah di Surabaya yang harga propertinya terus tumbuh dan semakin berkembang adalah wilayah Surabaya barat (Graha Family, Citra land) dan wilayah Surabaya timur (galaxy Bumi Permai, Pakuwon City). "Properti yang paling laku adalah yang berharga Rp 500 juta - Rp 2 milyar," terang Daniel.

Tahun 2011, jelas Daniel, penuh dengan hal positif dalam hal penjualan. Omzet naik 40 - 200 % dengan transaksi 50 - 100 unit perbulan. "Kami harapkan tahun ini (2012) omzet kami meningkat dengan target minimal 100 %," lanjut Daniel.

Sementara itu, untuk tetangga Surabaya di bagian utara dan barat yakni Gresik, Daniel menjelaskan bahwa saat ini investor terus melirik dan melakukan pembangunan properti di kota santri tersebut.Next

Halaman 1 2

Ikuti sejumlah peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 12.45 WIB

(iwd/bdh)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%