detikcom
Selasa, 27/09/2011 16:46 WIB

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dengan E-Samsat

Rois Jajeli - detikNews
Surabaya - Bank Mandiri bersama Samsat Jawa Timur meluncurkan layanan E-Samsat untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor (ranmor). Mulai besok, wajib pajak tidak perlu mendatangi kantor samsat untuk bisa membayar pajak. Cukup membrowsing website e-samsatjatim.

"Ini merupakan pelayanan prima bagi masyarakat yang membayar pajak kendaraan bermotor miliknya. Besok akan dipamerkan dan dilaunching oleh Pak Gubernur di Madiun," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Sam Budigusdian kepada wartawan di sela acara penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 pada peringatan HUT ke 56 Hari Lalu Lintas Bhayangkara di gedung Mahameru komplek Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (27/9/2011).

Kerjasama E-Samsat di Jatim ini disambut baik Bank Mandiri. Wakil Direktur Utama Bank Mandiri mengatakan, melalui transaksi E-Samsat, masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotornya dimana saja dan kapan saja. Caranya, masyarakat cukup mengakses website e-samsatjatim

"Melalui kerjasama ini, masyarakat jawa Timur dapat membayar pajak kendaraan bermotor melalui chanel Bank mandiri, baik cabang maupun elektronic channel seperti ATM, internet banking atau SMS banking," kata Riswinandi.

Ia mengatakan, Bank Mandiri bekerjasama di bidang E-Samsat adalah yang pertama kali di Indonesia dan baru dilakukan di Jawa Timur. Menurutnya, peluang bisnis dari kerjasama tersebut cukup besar dan potensial untuk memperkuat jaringan elektronik Bank Mandiri. Apalagi jumlah pemilik kendaraan bermotor di wilayah Jawa Timur mencapai sekitar 10 juta pemilik.

"kami berharap layanan E-samsat ini dapat meningkatkan efisiensi penarikan pajak kendaraan bermotor oleh Samsat Jatim, sehingga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," tuturnya.

Saat ditanya lebih lanjut, berapa nilai transaksi yang dihasilkan dari kerjasama tersebut, Riswinandi mengaku tergantung berapa nilai pajak kendaraan bermotornya.

"Tentunya kalau semua berjalan lancar, kurang lebih 10 juta motor. Kita bisa lihat berapa rata-rata pajak kendaraan bermotornya. Ya itulah uang yang menjadi bagian dukungan Bank Mandiri untuk membantu penerimaan pajak di Jatim," jelasnya.



Indonesia jadi surga pelaku pedopilia dunia. Saksikan di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(roi/fat)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%