Sabtu, 18/06/2011 15:15 WIB

Warga Kediri Temukan Arca di Bongkahan Akar Pohon Beringin

Hartono - detikNews
Arca ditemukan di akar beringin/Hartono
Kediri - Warga Kelurahan Gayam, Kecamatanm Mojoroto, Kota Kediri digegerkan penemuan 2 arca di Sendang pemandian. seorang warga menemukan arca saat memotong kayu untuk kayu bakar. Kedua arca tersebut berukuran tinggi 30 cm dan 19 cm, dengan berat 35 kg.

Uniknya arca berbentuk mirip Ganesha dengan wajah gajah dan tubuh manusia serta budha culai itu ditemukan di dalam akabr pohon ringin berusia ratusan tahun silam yang tumbang.

Kedua arca ini ditemuakan secara tidak sengaja oleh Sunardi dan Supardi warga setempat saat mememotong akar pohon beringin yang telah tumbang 6 bulan lalu.

"Saya tidak sengaja menemukan arca tersebut, karena awalnya saya hanya ingin memotong sisa tumbangan pohon beringin itu untuk kayu bakar," kata Supardi kepada detiksurabaya.com, Sabtu (18/6/2011).

Mengetahui ada arca di dalamnya akar pohon itu, kedua warga tersebut kemudian memotong kayu dengan kapak lebih hati-hati agar arca tidak pecah. Selanjutnya temuan ini langsung dilaporkan ke perangkat Kelurahan setempat oleh Supardi.

"Kita sudah sepakat bersama masyarakat sini, arca tidak boleh dipindah , karena arca diyakini bagian dari sejarah leluhur masyarakat gayam," ungkap Sabarudin, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gayam kepada detiksurabaya.com.

Warga setempat meyakini kalau kedua arca tersebut merupakan peninggalan zaman kerajaan, dan sendang lokasi penemuan arca adalah tempat keramat.


Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(bdh/bdh)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Pemprov DKI Larang Aplikasi Taksi Uber

Baru diluncurkan sepekan, aplikasi penghubung taksi Uber langsung mendapat respons negatif dari Pemprov DKI. Alasan pelarangannya, mulai dari tak ada izin, tak ada kantor, tak mengikuti tarif resmi, berpelat hitam sehingga dikhawatirkan merugikan konsumen. Bila Anda setuju dengan Pemprov DKI yang melarang aplikasi taksi Uber, pilih Pro! Bila tidak setuju pelarangan taksi Uber, pilih Kontra!
Pro
86%
Kontra
14%