detikcom
Sabtu, 18/06/2011 15:15 WIB

Warga Kediri Temukan Arca di Bongkahan Akar Pohon Beringin

Hartono - detikNews
Arca ditemukan di akar beringin/Hartono
Kediri - Warga Kelurahan Gayam, Kecamatanm Mojoroto, Kota Kediri digegerkan penemuan 2 arca di Sendang pemandian. seorang warga menemukan arca saat memotong kayu untuk kayu bakar. Kedua arca tersebut berukuran tinggi 30 cm dan 19 cm, dengan berat 35 kg.

Uniknya arca berbentuk mirip Ganesha dengan wajah gajah dan tubuh manusia serta budha culai itu ditemukan di dalam akabr pohon ringin berusia ratusan tahun silam yang tumbang.

Kedua arca ini ditemuakan secara tidak sengaja oleh Sunardi dan Supardi warga setempat saat mememotong akar pohon beringin yang telah tumbang 6 bulan lalu.

"Saya tidak sengaja menemukan arca tersebut, karena awalnya saya hanya ingin memotong sisa tumbangan pohon beringin itu untuk kayu bakar," kata Supardi kepada detiksurabaya.com, Sabtu (18/6/2011).

Mengetahui ada arca di dalamnya akar pohon itu, kedua warga tersebut kemudian memotong kayu dengan kapak lebih hati-hati agar arca tidak pecah. Selanjutnya temuan ini langsung dilaporkan ke perangkat Kelurahan setempat oleh Supardi.

"Kita sudah sepakat bersama masyarakat sini, arca tidak boleh dipindah , karena arca diyakini bagian dari sejarah leluhur masyarakat gayam," ungkap Sabarudin, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gayam kepada detiksurabaya.com.

Warga setempat meyakini kalau kedua arca tersebut merupakan peninggalan zaman kerajaan, dan sendang lokasi penemuan arca adalah tempat keramat.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(bdh/bdh)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
70%
Kontra
30%