detikcom
Minggu, 17/10/2010 12:54 WIB

Fenomena Halo Muncul di Surabaya

Budi Hartadi - detikNews
Foto: Budi Hartadi
Surabaya - Warga Kota Surabaya, Minggu (17/10/2010) siang, mendoangakan kepala ke arah matahari. Mereka penasaran karena ingin melihat fenomena unik yang jarang terjadi. Matahari yang bersinar terik di atas Kota Pahlawan tampak terlihat dikelilingi cincin pelangi.

"Kita pingin lihat fenomena yang langka. Katanya matahari dikelilingi pelangi," ujar Herbowo (38), saat menghentikan mobil Mitsubihi yang dikendarainya di Jalan JA Suprapto.

Menurutnya, rasa penasaran untuk melihat fenomena itu saat dirinya mendengar siaran di sebuah radio. "Ya penasaran saja, siapa tahu benar seperti yang disiarkan di radio," ungkapnya.

Sayangnya, saat Suratman ingin melihat fenomena langka tersebut dengan mata telanjang, dia agak mengalami kesulitan. Pasalnya, selain panas yang terik, sekali-klai matahari juga tertutup awan.

"Meski agak kesulitan, tapi saya sempat lihat di sekeliling matahari nampak terlihat lingkaran warna merah. Mungkin itu yang dinakan Halo ya," tanya dia dengan penasaran.

Hal senada juga diungkapkan Fitria, seorang pekerja di sebuah supermarket di kawasan tersebut. Dia juga mengaku penasaran ingin melihat fenomena langka yang belum pernah dia lihat.

"Meski mata agak sakit, beruntung saya bisa melihat halo matahari. Tadi agak terbantu saat melihat dengan kaca mata hitam, jadi tidak begitu silau," ujar gadis tersebut dengan tersenyum.

Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(bdh/bdh)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
71%
Kontra
29%