detikcom
Jumat, 18/12/2009 10:21 WIB

Lezatnya Racikan Bumbu Paniki Khas Manado

Bodhiya Wijaya - detikNews
Masakan Paniki/Bodhiya Wijaya
Surabaya - Kelelawar. Mendengar namanya sebagian besar orang akan takut. Karena binatang ini identik pemangsa dengan gigi yang tajam. Rupanya binatang yang selalu keluar pada malam hari ini bisa diolah menjadi makanan lezat untuk disantap.

Tertarik mencobanya, Anda bisa merasakan olahan ini di Jane Depot Manado Jemursari. Di depot makanan itu, racikan makanan dari olahan kelelawar ini disebut dengan nama Paniki. Paniki dalam bahasa Manado berarti kelelawar. Menu ini harganya relatif mahal dibanding menu yang lain.

Jika menu lain dihargai belasan hingga 20-ribuan per porsi maka masakan yang berbahan daging, kelelawar berharga Rp 65 ribu untuk setiap porsinya. Tingginya harga itu disebabkan bahan baku masakan didatangkan langsung dari Manado.

"Kelelawar di sini kecil-kecil, sehingga tidak cocok untuk dimasak," tutur Lola Christine Nelwan, pemilik dari Jane Depot Manado saat berbincang dengan detiksurabaya.com, Kamis (17/12/2009).

Lola mengaku dirinya mendapat paniki atau kelelawar sudah dalam kondisi siap masak alias sudah dibersihkan. Kelelawar itu diolah dengan berbagai macam rasa dan diracik dengan bumbu lengkap.

Bumbu rempah yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe hijau. Cabe, kata Lola, memberi rasa pedas. Sebelum dicampur bumbu racikan, kelelawar atau paniki direbut. Setelah matang, ditiriskan kemudian digoreng dengan bumbu lengkap.

"Rasanya dijamin maknyus. Saya menggunakan bumbu khas Manado," ungkapnya. Tertarik? Selamat mencoba.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(fat/fat)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Indeks Berita ยป
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%