Detik.com News
Detik.com
Selasa, 29/09/2009 12:59 WIB

Sumur Tempat Lele Misterius Diyakini Terdapat Harta Karun Majapahit video foto

Tamam Mubarrok - detikNews
Sumur Tempat Lele Misterius Diyakini Terdapat Harta Karun Majapahit
Gresik - Sumur telaga Dusun Karang Malang, Desa Karang Semanding, Kecamatan Balong Panggang, Gresik, juga memiliki kisah misterius lainnya. Di mata paranormal setempat, lokasi itu diyakini banyak harta karun yang tertutupi oleh kekuatan jin dan ular gaib.

"Dari hasil semedi selama ini, di sumur itu banyak harta karun. Mulai dari kursi emas hingga hiasan keemasan lain," kata Syueb Munarman (53), seorang paranormal Dusun Karang Malang kepada detiksurabaya.com di rumahnya, Selasa (29/9/2009).

Meski banyak harta karun, tapi warga tidak bisa dengan mudah mengambil harta karun itu dari sumur. Sebab di dekat sumur itu, terdapat seekor ular besar yang siap menelan siapa saja yang mendekat. "Tapi itu di dunia gaib. Kasat mata tidak terlihat," jelas Syueb.

Menurut Syueb, letak harta karun itu berada tepat di bawah gundukan tanah di bawah pohon. Pohon itu terletak persis di lerang sumur telaga. "Jadi di bawahnya itu ada semacam meja besar, yang kalau di lihat mata biasa, berupa lereng sumur," kata Syueb.

Untuk melihat harta karun itu, diperlukan ritual khusus. Di antaranya berpuasa selama 40 hari yang diakhiri di pasaran hari malam Jumat Legi dalam penanggalan Jawa. Namun jika tidak kuat, malah bisa pingsan saat melihat lokasi itu di alam gaib.

Meski tidak ada bukti sejarah, namun Syueb memperkirakan harta karun itu merupakan sisa-sisa kejayaan Kerajaan Majapahit. Sebab kawasan itu diyakini sebagai jalur darat antara Kerajaan Majapahit dengan Giri Kedaton, tempat Sunan Giri.

"Bisa saja itu disembunyikan atau karena satu dan lain hal, lalu harta itu tertinggal di situ. Tapi kebenarannya, hanya Gusti Allah yang tahu," pungkas Syueb.

Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(bdh/bdh)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

MA Harus Turun Tangan Setop 'Sarpin Effect'!

Putusan hakim PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang memperbolehkan status tersangka jadi materi gugatan praperadilan berpotensi menimbulkan kekacauan hukum di Indonesia. "MA harus menyetop. Segera batalkan putusan Sarpin. Kalau tidak, semua tersangka akan melakukan hal yang sama," jelas FH Unsoed Purwokerto, Prof Dr Hibnu Nugroho. Bila Anda setuju dengan Prof Hibnu, pilih Pro!
Pro
93%
Kontra
7%