detikcom
Sabtu, 19/09/2009 14:56 WIB

Tentukan 1 Syawal, NU Pantau Hilal di 10 Lokasi di Jatim

Rois Jajeli - detikNews
File: detik.com
Surabaya - Menentukan 1 Syawal 1430 H, Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jatim, Kantor Wilayah Departemen Agama Jatim, serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan rukyatul hilal di 10 titik lokasi.

10 titik lokasi yang akan digunakan sebagai rukyatul hilal yakni, Pantai Nambangan, Kenjeran, Surabaya, Pantai Ambet, Pemekasan, Madura, Pantai Gebang,Bangkalan, Madura, Tanjung Kodok, Lamongan, Pantai Serang, Blitar, Bukit Condro, Gresik.

Pantai Paseban, Kencong, Jember. Pantai Plengkung, Banyuwangi. Pantai Ngliyep Malang Selatan serta lokasi baru PLTGU Grati, Pasuruan.

"Rukyatul hilal nanti untuk melihat bulan dan menentukan 1 Syawal," kata Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH Sholeh Hayat saat dihubungi detiksurabaya.com, Sabtu
(19/9/2009).

KH Sholeh Hayat yang juga menjabat sebagai Koordinator Rukyatul Hilal PWNU Jatim ini mengatakan, setiap titik lokasi rukyatul hilal akan diisi petugas 10-20 Orang dari berbagai instasi seperti NU, MUI, Depag, dan ahli falaq.

"Sekarang tim menuju lokasi dan menyiapkan peralatannya untuk rukyatul hilal. Pada 17.30 WIB nanti sudah in dan Insya Allah hasilnya bisa dilihat sekitar pukul 17.35 WIB," tuturnya.

Ketika ditanya lebih lanjut tentang kemungkinan 1 Syawal 1430 H jatuh pada Minggu (20/9/2009) besok, Sholeh mengaku tidak bisa memastikannya. Namun, pihaknya optimis jika 1 Syawal bisa jatuh pada esok hari.

"Karena tingginya hilal sudah bisa dilihat. Tapi memastikannya, kita tunggu hasil rukyatul hilal nanti sore," tandasnya.

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(roi/wln)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%