Detik.com News
Detik.com

Rabu, 09/04/2014 19:35 WIB

CSIS: Hasil Perolehan Suara Gerindra dan PKS di Pileg Merupakan Berkah

Rivki - detikNews
CSIS: Hasil Perolehan Suara Gerindra dan PKS di Pileg Merupakan Berkah
Jakarta - Hasil hitung cepat Cyrus Network dengan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukan Gerindra masuk dalam tiga besar dengan capaian 11,9% dan PKS di posisi ketujuh dengan raihan 6,8%. Suara yang diperoleh Gerindra dan PKS dinilai merupakan berkah.

Berkah meningkatnya perolehan suara bagi Partai Gerindra karena perannya sebagai oposisi selama satu periode pemerintahan Selain itu, citra Gerindra yang lumayan baik dan loyalitas pendukung yang tinggi juga ikut mempengaruhi jumlah suara.

"Gerindra tidak terlalu banyak diterpa isu miring soal korupsi dan sosok figur Prabowo yang diciptakan itu membantu perolehan suara partai ini," kata Ketua Departemen Politik CSIS, Philip J Vermonte.

Hal itu disampaikan Philip dalam konferensi pers pengumuman quick count, bertempat di Data Center Cyrus-CSIS, Gedung Pakerti, Jl Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/4/2014) petang.

Sedangkan PKS sendiri masuk dalam partai yang memperoleh suara kurang dari 10%. Menurut Philip suara PKS tidak begitu buruk mengingat kasus korpsi yang menerpa partai ini.

"Hasil PKS kali ini adalah berkah, karena terkait isu sebelumnya PKS (diperkirakan) hanya mampu berada di angka 3 persenan," ucap Philip.

Selain itu, lanjut Philip, perolehan suara PKS masih bisa dikatrol karena partai pimpinan Anis Matta ini memiliki kader yang loyal dan basis pemilih tetap.



Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(slm/nwk)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Jokowi Presiden Pilihan Rakyat, Bukan Presiden Partai!

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap hukum demokrasilah yang mengatur presiden dan wapres ikut garis politik partai. Namun pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio membantah pernyataan Mega, karena presiden adalah pilihan rakyat, bukan presiden partai. Bila Anda setuju dengan pendapat Hendri Satrio, pilih Pro!
Pro
95%
Kontra
5%