detikcom
Rabu, 09/04/2014 19:35 WIB

CSIS: Hasil Perolehan Suara Gerindra dan PKS di Pileg Merupakan Berkah

Rivki - detikNews
Jakarta - Hasil hitung cepat Cyrus Network dengan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukan Gerindra masuk dalam tiga besar dengan capaian 11,9% dan PKS di posisi ketujuh dengan raihan 6,8%. Suara yang diperoleh Gerindra dan PKS dinilai merupakan berkah.

Berkah meningkatnya perolehan suara bagi Partai Gerindra karena perannya sebagai oposisi selama satu periode pemerintahan Selain itu, citra Gerindra yang lumayan baik dan loyalitas pendukung yang tinggi juga ikut mempengaruhi jumlah suara.

"Gerindra tidak terlalu banyak diterpa isu miring soal korupsi dan sosok figur Prabowo yang diciptakan itu membantu perolehan suara partai ini," kata Ketua Departemen Politik CSIS, Philip J Vermonte.

Hal itu disampaikan Philip dalam konferensi pers pengumuman quick count, bertempat di Data Center Cyrus-CSIS, Gedung Pakerti, Jl Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/4/2014) petang.

Sedangkan PKS sendiri masuk dalam partai yang memperoleh suara kurang dari 10%. Menurut Philip suara PKS tidak begitu buruk mengingat kasus korpsi yang menerpa partai ini.

"Hasil PKS kali ini adalah berkah, karena terkait isu sebelumnya PKS (diperkirakan) hanya mampu berada di angka 3 persenan," ucap Philip.

Selain itu, lanjut Philip, perolehan suara PKS masih bisa dikatrol karena partai pimpinan Anis Matta ini memiliki kader yang loyal dan basis pemilih tetap.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(slm/nwk)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
41%
Kontra
59%