Detik.com News
Detik.com
Rabu, 02/04/2014 11:55 WIB

Ada 15 Kategori Surat Suara Dinyatakan Sah, Ini Daftarnya

M Iqbal - detikNews
Halaman 1 dari 3
Ada 15 Kategori Surat Suara Dinyatakan Sah, Ini Daftarnya
Jakarta - Pemilu Legislatif tinggal seminggu lagi, yaitu pada 9 April 2014. Namun tak banyak masyarakat tahu soal ketentuan surat suara yang dinyatakan sah. KPU menetapkan ada 15 kategori surat suara dinyatakan sah. Apa saja?

Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan KPU nomor 5 tahun 2014 tentang pemungutan dan pengitungan suara di TPS dalam Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD.

Sebagaimana dikutip detikcom dari peraturan tersebut, Rabu (2/3/2014), pasal 48 ayat 2 a menyebutkan surat suara untuk anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dihitung sebagai 1 surat suara sah jika memenuhi beberapa ketentuan.

Berikut daftar ketentuan kategori surat suara yang dinyatakan sah:

1. Tanda coblos di kolom nomor urut, gambar, dan nama partai. Dinyatakan sah untuk partai.

2. Tanda coblos di kolom nomor urut dan nama calon. Dinyatakan sah untuk nama calon bersangkutan dari partai yang mencalonkan.

3. Tanda coblos di kolom nomor urut, gambar dan nama partai, serta tanda coblos di kolom nomor dan nama calon dari partai yang bersangkutan. Dinyatakan sah untuk nama calon yang bersangkutan dari partai yang mencalonkan.Next

Halaman 1 2 3

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(iqb/trq)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

Dukung Ahok Lawan Begal APBD DKI!

Perseteruan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) dan DPRD DKI perihal 'dana siluman' dalam APBD 2015 menjadi perhatian publik. Berbagai gerakan warga dilancarkan untuk mendukung Ahok melawan begal APBD. Di sudut-sudut jalan terdapat berbagai spanduk mendukung Ahok. Salah satunya spanduk "#Kami Adalah Ahok, Lawan Begal APBD". Bila Anda setuju gerakan warga mendukung Ahok, pilih Pro!
Pro
0%
Kontra
100%