Detik.com News
Detik.com
Minggu, 16/03/2014 14:18 WIB

Al-Qaeda Disebut Ada di Balik Pembajakan MH370

ERWIN DARIYANTO - detikNews
Halaman 1 dari 2
Al-Qaeda Disebut Ada di Balik Pembajakan MH370 Pesawat MH 370
Jakarta - Delapan hari sudah pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 hilang. Namun hingga kini belum ada satu pun titik terang keberadaan pesawat yang membawa 239 penumpang tersebut. Sabtu (15/3) kemarin, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memberi pernyataan yang cukup mengejutkan soal insiden hilangnya pesawat jenis Boeing 777-200ER ini.

Menurut Najib hilangnya pesawat tersebut dari layar radar sipil merupakan aksi kesengajaan yang dilakukan seseorang di dalam pesawat alias dibajak. "Kemungkinan pembajakan masih ditelusuri, sebagaimana berbagai kemungkinan lainnya juga masih diselidiki," kata dia saat konferensi pers yang digelar di Hotel Sama Sama, Kuala Lumpur, Sabtu (15/3/2014) kemarin.

Lalu siapa yang membajak MH370?

Penyelidikan masih terus dilakukan untuk mengungkap misteri raibnya pesawat MH370. Termasuk kemungkinan pembajakan ini mirip dengan aksi terorisme dalam tragedi 9/11 di New York Amerika Serikat.

Media online Telegraph edisi Sabtu (15/3) mengutip pengakuan salah seorang tokoh penting Al-Qaeda di pengadilan pekan lalu. Tokoh Al-Qaeda tersebut mengatakan bahwa ada 4-5 orang di Malaysia yang merencanakan mengambil kendali pesawat, dan menggunakan bom yang disembunyikan di sepatu untuk membuka pintu ke ruang pilot.

Tokoh al-Qaeda tersebut mengaku telah bertemu kelompok jihad dari Negeri Jiran, yang salah satunya adalah seorang pilot dari Afghanistan. Seorang ahli hukum dari Inggris yang diwawancarai Telegraph menyebut pengakuan tokoh Al-Qaeda itu sangat kredibel, dan layak ditelusuri.

“Aksi (pembajakan) ini sangat spektakuler, dan membutuhkan waktu yang lama untuk merencanakannya,” kata seorang ahli pertahanan dan keamanan yang menolak disebutkan namanya seperti dikutip detikcom dari Telegraph, Minggu (16/3). Next

Halaman 1 2

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(erd/mad)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%