Kamis, 13/03/2014 11:43 WIB

Petaka Cinta Segitiga

Ade Sara di Pusaran Cinta Segitiga

Rachmadin Ismail,Hardani Triyoga - detikNews
Halaman 2 dari 2
Rabu (12/3) kemarin, Hafitd dan Syifa menjalani pemeriksaan psikologi di Markas Polda Metro Jaya Jakarta. Pemeriksaan psikologi dilakukan untuk mengetahui kondisi kejiwaan kedua tersangka, baik sebelum maupun sesudah melakukan pembunuhan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan pembunuhan terhadap Ade Sara didasari atas cinta segitiga. Hafitd dan Sara sebelumnya sempat menjalin cinta. Namun Sara memutus secara sepihak.

Dalam perkembangan selanjutnya, Hafitd berpacaran dengan Syifa. Namun Hafitd masih kerap berusaha menghubungi Sara. Karena sering tak direspon Hafitd pun sakit hati. Sementara Syifa juga ikut membunuh karena didorong rasa cemburu kepada korban, yang takut kehilangan cinta Hafitd. Kedua tersangka kemudian merencanakan pembunuhan itu sepekan sebelum korban dieksekusi.

Kasus tewasnya Sara menambah daftar panjang pembunuhan akibat cinta segitiga. Pada 6 Januari 2013 Ina alias Yenny (33 tahun) tewas di tangan Ferry, sang kekasih. Ferry mengaku membunuh Ina di kosannya Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat karena dibakar api cemburu.

Pada Oktober 2013 lalu Holly Angela Ayu ditemukan tewas di Apartemen Kalibata, Jakarta Selatan. Pembunuhan Holly diduga melibatkan suami sirinya Gatot Supiartono. Holly meminta Gatot menceraikan istri pertamanya, Herbudiati.

Guru Besar Kriminolog dari Universitas Indonesia Tubagus Ronny Nitibaskara mengatakan, dalam beberapa kasus pembunuhan karena cinta segitiga cenderung lebih sadistis. Naluri membunuh muncul karena sakit hati dari persoalan cinta yang tidak memiliki obat.

Perasaan kecewa karena gagalnya hubungan cinta segitiga bisa menjadi contohnya. Meski pelaku sekalipun sudah memiliki keluarga atau istri tidak menjamin pola pikirnya rasional. Terkesan memang sepele, tapi justru kata dia persoalan ini yang beberapa kali memunculkan kematian menghebohkan.

“Tidak mudah memang memiliki jawaban tunggal dalam persoalan ini, Tapi, rasa benci akibat cinta segitiga itu bisa muncul, mengeluarkan agresifitas luar biasa,” kata Ronny kepada detikcom, Rabu (12/3) kemarin.
Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(erd/erd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Tak Perlu Arak-arakan Pesta Rakyat Saat Pelantikan Jokowi

Relawan Jokowi-JK akan menggelar pesta rakyat saat pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober 2014 nanti dimulai dari Semanggi dan berakhir di Monas. Kapolri Jenderal Sutarman menyarankan tidak perlu ada acara arak-arakan seperti itu. "Saya sarankan tidak perlu arak-arakan, saya kira tidak perlu. Mungkin kalau bersyukur, bersyukur berdoa saja, enggak perlu arak-arakan," kata Kapolri. Bila Anda setuju dengan Kapolri, pilih Pro!
Pro
35%
Kontra
65%