detikcom
Jumat, 14/02/2014 15:22 WIB

Letusan Dahsyat Gunung Kelud dari Masa ke Masa

Sukma Indah Permana - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 3 dari 5 Next »
(Foto: Alif/pasangmata.com)
Letusan 1919 Menewaskan 5.160 Orang

Letusan Gunung Kelud pada tahun 1919 termasuk yang paling mematikan. Saat itu, sebanyak 5.160 jiwa meninggal dunia dan 15.000 hektar lahan rusak akibat aliran laharnya.

Banjir lahar dingin saat itu menyapu kawasan permukiman warga. Aliran lahar saat letusan gunung 1919 mencapai 38 km.

Setelah letusan ini, dibangunlah sistem terowongan pembuangan kawah yang selesai pada 1926. Enam terowongan kemudian juga dibangun untuk mempertahankan volume danau kawah agar tetap 2,5 juta meter kubik.




Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%