detikcom
Rabu, 15/01/2014 19:09 WIB

PD Minta Kunjungan Presiden SBY ke Sinabung Tak Dipolitisir

Ahmad Toriq - detikNews
Gunung Sinabung terus menyemburkan abu vulkanik (REUTERS/Beawiharta)
Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana mengunjungi lokasi bencana meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pekan depan. Partai Demokrat (PD) meminta kunjungan ini tak dipolitisir.

"Saat letusan Merapi di Yogja, ada yang mengkritik kehadiran Presiden. Malah disebutkan merepotkan proses penanganan bencana. Besar kemungkinan kalau Pak SBY langsung ke Sinabung dan berkantor di sana, malah banyak yang curiga," kata Ketua DPP PD Michael Wattimena kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Michael menegaskan Presiden SBY memberikan perhatian yang serius terhadap penanganan bencana letusan Gunung Sinabung. Namun, karena sedang memasuki tahun politik, Presiden SBY menghindari tudingan pencitraan dengan memberikan instruksi dan menagih laporan para menteri.

"Kalau beliau langsung ke Sinabung dan berkantor di sana akan menimbulkan kecurigaan sedang melakukan pencitraan dan kampanye dini," ujarnya.

Meski tak segera mengunjungi Sinabung, Michael menambahkan, Presiden SBY terus memantau perkembangan kondisi terkini. Koordinasi dengan lembaga pemerintahan terkait juga terus dilakukan.

"Presiden SBY memberikan arahan-arahan penanganan letusan Gunung Sinabung melalui sejumlah kementerian terkait dan melalui rapat kabinet. Presiden memerintahkan para menteri agar memperhatikan kebutuhan para pengungsi," tutur Wakil Ketua Komisi V DPR ini.

Kunjungan akan dilakukan ke daerah Kabanjahe untuk memantau penanganan bencana dan pengungsi. Kabanjahe merupakan daerah titik pengungsian bagi warga yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung.

"Minggu depan, Insya Allah saya akan berkunjung kembali ke Kabanjahe, untuk pastikan penanganan Sinabung dan pengungsi berjalan baik," tutur SBY lewat akun @SBYudhoyono, Senin (13/1).


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(trq/fdn)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%