detikcom
Selasa, 19/11/2013 23:01 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Letusan Capai 10 Km

Ramdhan Muhaimin - detikNews
Gunung Sinabung. (Dok.detikcom)
Jakarta - Gunung Sinabung di Sumatera utara kembali erupsi malam ini. Erupsi Sinabung mencapai rekornya sepanjang tahun ini dengan ketinggian asap letusan mencapai 10 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan erupsi terjadi sekitar pukul 21.56 WIB. Tinggi kolom erupsi mencapai 10.000 meter. Menurutnya, ini adalah rekor tinggi erupsi sejak erupsi 2013 ini.

Erupsi juga diserta dengan awan panas 500 meter dengan durasi 8,5 menit/515 detik.

"Ada suara gemuruh terdengar sampai Berastagi-Kabanjahe. Radius tetap 3 km, dampak abu vulkanik," tulis Sutopo dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Selasa (19/11/2013).

Sutopo juga mengatakan aktivitas gunung masih tinggi dan berpotensi terjadi erupsi susulan. Pengungsi tetap 6.211 jiwa (1,990 KK) di 16 titik pengungsian. Tidak ada korban. Masyarakat tetap tenang. Petugas TNI, Polri dan lainnya sedang melakukan pengecekan di lapangan.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(rmd/rmd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Biarkan Ahok Pilih Pendampingnya Pimpin DKI

Siapa bakal pendamping Plt Gubernur DKI Ahok? Masih menjadi pro kontra antara parpol di DPRD DKI dan Kemendagri. Kemendagri memastikan Plt Gubernur DKI Basuki T Purnama atau Ahok menjadi Gubernur menggantikan Joko Widodo. Setelah diberhentikan sebagai Wagub dan Plt Gubernur dan diangkat menjadi Gubernur, Ahok bisa memilih dua orang untuk menjadi wakilnya. Bila Anda setuju dengan Kemendagri, pilih Pro!
Pro
76%
Kontra
24%