Detik.com News
Detik.com
Selasa, 19/11/2013 23:01 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Letusan Capai 10 Km

Ramdhan Muhaimin - detikNews
Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Letusan Capai 10 Km Gunung Sinabung. (Dok.detikcom)
Jakarta - Gunung Sinabung di Sumatera utara kembali erupsi malam ini. Erupsi Sinabung mencapai rekornya sepanjang tahun ini dengan ketinggian asap letusan mencapai 10 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan erupsi terjadi sekitar pukul 21.56 WIB. Tinggi kolom erupsi mencapai 10.000 meter. Menurutnya, ini adalah rekor tinggi erupsi sejak erupsi 2013 ini.

Erupsi juga diserta dengan awan panas 500 meter dengan durasi 8,5 menit/515 detik.

"Ada suara gemuruh terdengar sampai Berastagi-Kabanjahe. Radius tetap 3 km, dampak abu vulkanik," tulis Sutopo dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Selasa (19/11/2013).

Sutopo juga mengatakan aktivitas gunung masih tinggi dan berpotensi terjadi erupsi susulan. Pengungsi tetap 6.211 jiwa (1,990 KK) di 16 titik pengungsian. Tidak ada korban. Masyarakat tetap tenang. Petugas TNI, Polri dan lainnya sedang melakukan pengecekan di lapangan.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(rmd/rmd)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Jokowi Presiden Pilihan Rakyat, Bukan Presiden Partai!

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengungkap hukum demokrasilah yang mengatur presiden dan wapres ikut garis politik partai. Namun pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio membantah pernyataan Mega, karena presiden adalah pilihan rakyat, bukan presiden partai. Bila Anda setuju dengan pendapat Hendri Satrio, pilih Pro!
Pro
94%
Kontra
6%