detikcom
Selasa, 19/11/2013 23:01 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Letusan Capai 10 Km

Ramdhan Muhaimin - detikNews
Gunung Sinabung. (Dok.detikcom)
Jakarta - Gunung Sinabung di Sumatera utara kembali erupsi malam ini. Erupsi Sinabung mencapai rekornya sepanjang tahun ini dengan ketinggian asap letusan mencapai 10 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan erupsi terjadi sekitar pukul 21.56 WIB. Tinggi kolom erupsi mencapai 10.000 meter. Menurutnya, ini adalah rekor tinggi erupsi sejak erupsi 2013 ini.

Erupsi juga diserta dengan awan panas 500 meter dengan durasi 8,5 menit/515 detik.

"Ada suara gemuruh terdengar sampai Berastagi-Kabanjahe. Radius tetap 3 km, dampak abu vulkanik," tulis Sutopo dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Selasa (19/11/2013).

Sutopo juga mengatakan aktivitas gunung masih tinggi dan berpotensi terjadi erupsi susulan. Pengungsi tetap 6.211 jiwa (1,990 KK) di 16 titik pengungsian. Tidak ada korban. Masyarakat tetap tenang. Petugas TNI, Polri dan lainnya sedang melakukan pengecekan di lapangan.


Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(rmd/rmd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Jokowi Harus Dengarkan Informasi KPK agar Ciptakan Kabinet Bersih

KPK mengatakan 43 nama calon menteri yang diberikan Jokowi, setengahnya memiliki rapor merah atau incaran KPK. Pengamat politik dari UGM Ari Dwipayana mengimbau agar Jokowi harus mendengarkan informasi dari KPK tersebut agar dapat menciptakan kabinet yang bersih.Bila Anda setuju dengan Ari Dwipayanya, pilih Pro!
Pro
61%
Kontra
39%