detikcom
Jumat, 27/09/2013 14:21 WIB

6 Kisah Perjalanan Hidup Si 'Janda Putih'

Rachmadin Ismail - detikNews
Index Artikel Ini  Klik "Next" untuk membaca artikel selanjutnya « Prev 7 dari 7
Diburu Interpol

Interpol mengeluarkan surat perintah penangkapan atas nama pemerintah Kenya bagi Samantha Lewthwaite, buronan asal Inggris yang dijuluki 'janda putih'. Tidak diketahui pasti apakah perintah penangkapan ini terkait dengan aksi penyerangan dan penyanderaan di mal Nairobi, Kenya.

Dalam dokumen resmi Interpol ini, disebutkan bahwa Samantha menjadi buronan atas kasus kepemilikan bahan peledak dan persekongkolan tindak kejahatan pada Desember 2011. Diduga keras, surat perintah penangkapan Interpol ini merujuk pada rencana pengeboman sebuah resor setempat pada tahun 2011 lalu yang melibatkan wanita berumur 29 tahun ini.

Rupanya, Samantha pergi ke Kenya bersama sejumlah koleganya. Pada saat inilah, dia disebut-sebut terlibat dalam perencanaan serangan bom di kawasan wisata setempat saat musim liburan Natal.

Sejumlah informasi intelijen menyebutkan bahwa Samantha sudah sejak lama aktif dalam aktivitas militan terorisme di Afrika. Dia juga disebut-sebut sebagai salah satu juru bicara kelompok militan asal Somalia, Al Shabaab yang mendalangi serangan di mal Nairobi tersebut.

(mad/ita)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%