Senin, 02/09/2013 15:34 WIB

Ketua MPR: Nama Jalan Soeharto dan Ali Sadikin Masih Usulan

M Iqbal - detikNews
Monas dikelilingi Jl Medan Merdeka
Jakarta - Ketua MPR Sidharto Danusubroto ikut dalam pembahasan usulan pergantian nama Jalan Medan Merdeka menjadi nama 4 tokoh nasional. Sidharto menyatakan soal nama Soeharto dan Ali Sadikin masih usulan, dua lainnya (Soekarno dan Hatta) sudah disetujui.

"Memang pada rapat pertama yang sudah dibicarakan usulan Merdeka Utara dan Selatan, lalu rapat kemudian berkembang (dua nama lain)," kata Ketua MPR Sidharto yang tergabung dalam Tim 17 kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Tim 17 diketuai Jimly Asshiddiqie dan beranggotakan berbagai elemen seperti cendekiawan, sejarawan hingga wakil rakyat. Tim ini akan mengubah empat ruas Jl Medan Merdeka, menyongsong Hari Pahlawan 10 November.

Menurut Sidharto, dua nama itu Soeharto dan Ali Sadikin yang diusulkan kemudian, tapi usulan ini masih wacana perlu melihat perkembangan pembahasan. Soal pro kontra ia menilai hal yang wajar.

"Memang tiap kali ada wancana menuai pro kontra, ya begitulah. Rapat kemarin ada usulan begitu, kita sudah akomadasi," tutur mantan ajudan Soekarno itu.

Ia mengatakan, dalam pembahasan ini Ketua MPR sebagai penasihat, Ketua DPR dan DPD ex-officio sementara Jokowi sebagaimana disebut dalam Keppres sebagai sekretaris.

"Waktu rapat awal iya (disetujui Soekarno dan Hatta) tapi perkembangan kemudian ada dua nama (Soeharto dan Ali Sadikin). Itulah yang muncul usulan baru dua nama," ucapnya.

"Akan ada follow up setelah ini," lanjut politisi senior PDIP itu.


Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(van/nrl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Jokowi Harus Dengarkan Informasi KPK agar Ciptakan Kabinet Bersih

KPK mengatakan 43 nama calon menteri yang diberikan Jokowi, setengahnya memiliki rapor merah atau incaran KPK. Pengamat politik dari UGM Ari Dwipayana mengimbau agar Jokowi harus mendengarkan informasi dari KPK tersebut agar dapat menciptakan kabinet yang bersih.Bila Anda setuju dengan Ari Dwipayanya, pilih Pro!
Pro
0%
Kontra
100%