detikcom
Senin, 02/09/2013 15:34 WIB

Ketua MPR: Nama Jalan Soeharto dan Ali Sadikin Masih Usulan

M Iqbal - detikNews
Monas dikelilingi Jl Medan Merdeka
Jakarta - Ketua MPR Sidharto Danusubroto ikut dalam pembahasan usulan pergantian nama Jalan Medan Merdeka menjadi nama 4 tokoh nasional. Sidharto menyatakan soal nama Soeharto dan Ali Sadikin masih usulan, dua lainnya (Soekarno dan Hatta) sudah disetujui.

"Memang pada rapat pertama yang sudah dibicarakan usulan Merdeka Utara dan Selatan, lalu rapat kemudian berkembang (dua nama lain)," kata Ketua MPR Sidharto yang tergabung dalam Tim 17 kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (2/9/2013).

Tim 17 diketuai Jimly Asshiddiqie dan beranggotakan berbagai elemen seperti cendekiawan, sejarawan hingga wakil rakyat. Tim ini akan mengubah empat ruas Jl Medan Merdeka, menyongsong Hari Pahlawan 10 November.

Menurut Sidharto, dua nama itu Soeharto dan Ali Sadikin yang diusulkan kemudian, tapi usulan ini masih wacana perlu melihat perkembangan pembahasan. Soal pro kontra ia menilai hal yang wajar.

"Memang tiap kali ada wancana menuai pro kontra, ya begitulah. Rapat kemarin ada usulan begitu, kita sudah akomadasi," tutur mantan ajudan Soekarno itu.

Ia mengatakan, dalam pembahasan ini Ketua MPR sebagai penasihat, Ketua DPR dan DPD ex-officio sementara Jokowi sebagaimana disebut dalam Keppres sebagai sekretaris.

"Waktu rapat awal iya (disetujui Soekarno dan Hatta) tapi perkembangan kemudian ada dua nama (Soeharto dan Ali Sadikin). Itulah yang muncul usulan baru dua nama," ucapnya.

"Akan ada follow up setelah ini," lanjut politisi senior PDIP itu.

(van/nrl)


Setelah eksekusi 6 terpidana mati narkoba, dua negara menarik duta besarnya. Bagaimana perkembangan terkini? Simak di sini.


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Selasa, 27/01/2015 16:57 WIB
    Menteri Yohana Yembise: Kekerasan Anak Akibat Nikah Muda
    Gb Bagi Yohana Susana Yembise, jabatan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah kepercayaan sekaligus menjadi simbol perjuangan atas dominasi adat di Papua, yang umumnya didominasi laki-laki. Yohana juga mengkhawatirkan tingkat kekerasan anak yang makin memprihatinkan.
ProKontra Index »

Jika Presiden Jokowi Berhentikan BW, BG Juga Harus Dinonaktifkan

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) mengajukan berhenti sementara karena menjadi tersangka di Polri. Menurut peneliti ICW, Donal Fariz, bila Presiden nanti menerima pengunduran diri BW, maka Presiden juga harus menonaktifkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri. Apalagi kasus yang menjerat Komjen BG lebih krusial, yakni korupsi dibanding kasus yang menjerat BW, pidana biasa. Bila Anda setuju dengan Donal Fariz, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%
MustRead close