detikcom
Kamis, 22/08/2013 10:55 WIB

Hamdan Zoelva Resmi Jadi Wakil Ketua MK

Prins David Saut - detikNews
Jakarta - Hakim konstitusi Hamdan Zoelva terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2013-2016. Terpilihnya Hamdan mengalahkan Patrialis Akbar dan dua orang hakim lain konstitusinya.

Pengucapan sumpah jabatan berlangsung di MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2013). Beberapa karangan bungan ucapan selamat dari berbagai lembaga negara dan partai politik menyemarakan gedung tersebut.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya dan seluruh hakim konstitusi mengucapkan selamat kepada Hakim Konstitusi, Hamdan Zoelva yang telah mengucapkan sumpah jabatanya 2013-2016," kata ketua sidang pleno pelantikan, Akil Mochtar.

Hamdan mengenakan baju hakim konstitusi berwarna hitam merah berdiri di tengah ruang sidang utama. Al Quran di atas kepalanya dan pengucapan sumpah disaksikan sejumlah tokoh penting yang hadir. Di antaranya adalah Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saifuddin dan Hajriyanto Tohari, Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Abbas Said, Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Pol Sutarman, Jaksa Agung Basrief Arief dan mantan Ketua MK Mahfud MD.

Usai mengucapkan sumpah jabatan dan ditutup dengan doa. Sejumlah tamu undangan dan hakim konstitusi lainnya menyalami Hamdan. Ia akan menemani Akil Mochtar sebagai dua pucuk pimpinan.



Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(vid/lh)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%