detikcom
Senin, 19/08/2013 13:40 WIB

SBY: Sri Mulyani Tokoh Diaspora yang Menginspirasi

Mega Putra Ratya - detikNews
Jakarta - Banyak sosok di dalam komunitas diaspora Indonesia yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi warga masyarakat. Salah satunya adalah Sri Mulyani, mantan menteri keuangan yang saat ini menjabat sebagai direktur Bank Dunia.

"Ada sosok Sri Mulyani, putri terbaik bangsa Indonesia yang kini kita pinjamkan kepada Bank Dunia untuk menjabat sebagai Managing Director. Orang Indonesia pertama yang memegang jabatan tinggi tersebut," ujar SBY dalam sambutannya di Acara Kongres II Diaspora Indonesia di Gedung JCC, Jakarta, Senin (19/8/2013).

Selain itu SBY juga menyebut Sehat Sutarja, yang dengan bermodal ijazah listrik dari Pasar Baru berhasil meraih gelar Doktor dari UC of Berkeley. Dia berhasil membangun perusahaan IT raksasa Marvell di Silicon Valley yang kemudian menguasai dua pertiga dari industri semi-conductor dunia.

"Ada juga cerita kakak beradik dari Kalimantan, Iwan dan Nisin Sunito . Satu menjadi raja pro-perty di Sydney, dan satunya lagi raja peternakan di Perth," imbuhnya.

SBY juga menyebut Ibrahim Rasool, seorang putra dari keluarga muslim dari Slamang, yang lahir di Cape Town dan kemudian menjadi tokoh African National Congress dan dalam era Presiden Nelson Mandela terpilih menjadi Premier Propinsi West Cape. Selain itu ada juga ratusan anak-anak diaspora Indonesia yang dengan ikhlas memecahkan celengan tabungan mereka untuk memberi bantuan kemanusiaan bagi keluarga dan anak-anak 8 anggota TNI yang tertembak di Papua.

"Saya diberitahu bahwa bantuan itu akan diserahkan besok kepada Panglima TNI," kata SBY.

SBY juga mengingatkan jangan lupa bahwa ada 2,5 juta TKI di luar negeri yang bekerja keras membanting tulang dan selalu mengirim uang untuk membantu sanak saudaranya di tanah air. Dengan sumbangan kolektif se-kitar 7,1 milyar dolar AS (pada tahun 2012), mereka adalah pahlawan devisa Indonesia yang abadi.

"Semua inilah yang membuat diaspora Indonesia komunitas global yang cemerlang yang penuh potensi," tutupnya.


(mpr/lh)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
35%
Kontra
65%