Detik.com News
Rabu, 31/07/2013 13:13 WIB

Cuaca Panas di Cina Capai Rekor, Daging Matang di Luar Ruangan

BBCIndonesia.com - detikNews
Suhu udara di sejumlah bagian di Cina telah mencapai rekor tertinggi, dan membuat pemerintah menetapkan status darurat.

Di Shanghai, setidaknya 10 orang tewas akibat serangan jantung, menyusul tingginya suhu udara terpanas dalam kurun waktu 140 tahun terakhir di kota tersebut, seperti dilaporkan kantor berita pemerintah Xinhua, mengutip keterangan resmi pemerintah.

Wartawan lokal mendemonstrasikan panasnya suhu udara dengan menggoreng daging di jalanan.

Dalam sebuah laporan televisi, wartawan dari Shanghai TV melaporkan mereka sukses mengoreng potongan daging babi diatas papan yang terbuat dari marmer di luar ruangan dalam waktu 10 menit.

Praktek menggoreng daging babi itu menjadi perbincangan, dan foto dari potongan daging babi dan ikan digoreng diluar ruangan yang panas tampil di media online.


Hingga Agustus

Peringatan agar masyarakat mewaspadai suhu panas dikeluarkan di sembilan provinsi, termasuk Anhui, Jiangsu, Hunan, Hubei, Shanghai dan Chongqing.

Menurut data dari Biro Meteorologi Shanghai, suhu di kota tersebut selama 24 hari telah mencapai angka diatas 35 derajat celcius pada Juli.

Badan Meteorologi Cina menerbitkan status darurat suhu panas level II pada Selasa (30/7) lalu.

"Biro meteorologi Anhui, Jiangsu, Hunan, Hubei, Zhejiang, Jiangxi, Fujian, Chongqing dan Shanghai harus mempersiapkan reaksi darurat," seperti disampaikan dalam situs Badan Meteorologi Cina.

Laporan cuaca memperkirakan sejumlah wilayah di selatan sungai Yangtze, termasuk Chongqing, akan mencapai suhu diatas 35 derajat celcius sampai 8 Agustus mendatang.

Pernyataan itu juga meminta masyarakat untuk menghindari aktivitas diluar ruangan dan melindungi diri dari cuaca panas.




(bbc/bbc)

ProKontra Index »

Segera Revisi PP Ganti Rugi Salah Tangkap Rp 1 Juta!

Ganti rugi Rp 1 juta bagi korban salah tangkap dinilai sudah tidak layak lagi. Ahli pidana UII Dr Mudzakkir mengatakan PP No 27 Tahun 1983 memuat ketentuan yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang. Untuk itu, Dr Mudzakkir mengusulkan PP itu harus diubah dan memasukkan ganti rugi sesuai dengan kurs terkini. Bila Anda setuju dengan usulan Dr Mudzakkir, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%