Detik.com News
Detik.com

Rabu, 10/07/2013 13:57 WIB

2 KA Ekonomi Krakatau Rute Merak-Madiun Siap Layani Mudik Lebaran

Rivki - detikNews
2 KA Ekonomi Krakatau Rute Merak-Madiun Siap Layani Mudik Lebaran ilustrasi (dok detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan menambah dua kereta api kelas ekonomi AC untuk antisipasi mudik lebaran tahun 2013. Kereta bernama KA Krakatau itu akan melayani penumpang rute Merak-Madiun dan sebaliknya.

Dalam siaran pers Dirjen Perkeretapian Kemenhub yang diterima detikcom, Rabu (10/7/2013), masing-masing rangkaian KA Krakatau yang akan diresmikan tersebut terdiri dari 10 unit kereta (gerbong dalam bahasa umum) ekonomi AC dan 1 kereta makan. 1 rangkaian KA Krakatau berkapasitas 768 tempat duduk.

Dari 10 gerbong penumpang, 8 gerbong untuk penumpang biasa dan 2 gerbong lainnya untuk penumpang penyandang cacat. Adapun kapasitas 2 gerbong penyandang berjumlah 128 tempat duduk. Dua gerbong untuk penyandang cacat itu diciptakan untuk memudahkan akses bagi penyandang ketunaan dan lansia, termasuk fasilitas toilet untuk kaum difabel.

Dua rangkaian kereta api ekonomi yang akan diserahkan ke PT KAI tersebut merupakan bagian dari pengadaan 50 kereta ekonomi AC. Pada massa angkutan lebaran tahun 2012 lalu yaitu PT KAI juga mendapatkan KA Menoreh yang melayani lintas Stasiun Pasar Senen - Semarang dan 2 rangkaian KA Majapahit I dan Majapahit II melayani lintas Pasar Senen - Malang.

Pembiayaan pengadaannya 50 kereta ekonomi AC bersumber dari dana APBN Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sebesar Rp 174 miliar.


Mulai hari anda dengan informasi aneka peristiwa penting dan menarik di "Reportase Pagi" pukul 04.00 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(rvk/nrl)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Jumat, 17/04/2015 20:40 WIB
    Wawancara
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat
    Luhut Panjaitan: Persiapan KAA Super Singkat Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk sebagai penanggung jawab peringatan 60 tahun KAA. Hanya tersedia waktu kurang lebih 6 minggu bagi panitia untuk mengadakan persiapan.
ProKontra Index »

Cegah Prostitusi, Pengelola Apartemen di Jakarta Harus Laporkan Penghuninya

Polisi membongkar praktik prostitusi di apartemen yang berawal dari pemesanan melalui forum di internet. Untuk mengantisipasi hal itu, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat meminta para pengelola apartemen harus memberikan data-data penghuninya. Bila Anda setuju dengan Wagub Djarot, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%