Sabtu, 15/06/2013 19:01 WIB

Gangguan Sistem PLN, 3 Kota di Kaltim Gelap Gulita

Robert - detikNews
Samarinda - Sistem kelistrikan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur mengalami gangguan. Akibatnya, 3 kota di Kaltim yakni Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong yang berada dalam Sistem Mahakam, padam total. PLN masih berupaya melakukan pemulihan.

Di Samarinda, listrik mulai padam sekitar pukul 19.00 WITA. Sontak padamnya aliran listrik mengejutkan sejumlah warga lantaran beberapa ruas jalan menjadi gelap gulita.

"Saya kira listrik padam di wilayah Samarinda seberang saja. Ternyata, setelah saya jalan, di wilayah kota juga ikut padam. Sepertinya satu kota Samarinda," kata warga Samarinda Seberang, Andi Marmin, kepada detikcom, Sabtu (15/6/2013).

Hal senada diungkapkan Slamet Riyanto yang tinggal di Kecamatan Samarinda Utara. Menurut dia, listrik padam di seluruh wilayah Samarinda Utara sejak pukul 19.00 WITA tadi. Bahkan tidak hanya di Samarinda, listrik juga padam di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Iya, di tempat saya juga padam. Saya dengar informasi, se-Samarinda padam listrik. Tidak tahu juga ada apa," ujar Slamet.

"Di tempat saya juga padam, bahkan satu Tenggarong padam. Kalaupun ada yang listriknya hidup, itu kan jelas menggunakan mesin genset," sebut warga Tenggarong, Taufik.

Dihubungi detikcom, General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim Nyoman S Astawa menerangkan padamnya listrik di ketiga kota yang masuk ke dalam Sistem Mahakam masih belum diketahui penyebabnya.

"Blackout atau padam total, Pak. Penyebabnya sedang kita telusuri. Saat ini kita sedang dalam proses pemulihan," kata Nyoman.

Pantauan detikcom, padamnya listrik di Samarinda, mengakibatkan ikut padamnya sebagian besar traffic light di sejumlah ruas jalan. Kemacetan lalu lintas tidak terelakkan mengingat malam ini merupakan malam warga untuk berakhir pekan.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(trq/trq)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Cegah Titipan Proyek, Ahok Minta Rapat dengan DPRD Direkam ke Youtube

PPATK mengungkapkan salah satu modus korupsi di kalangan penyelenggara negara adalah oknum DPRD yang menitipkan proyek-proyek saat pembahasan anggaran dengan Bappeda. Gubernur DKI Ahok ingin bila rapat bersama DPRD direkam dan di-upload ke youtube. Bila DPRD tak mau, maka lebih baik tak usah rapat anggaran. Bila Anda setuju dengan Ahok, pilih Pro!
Pro
78%
Kontra
22%