Sabtu, 15/06/2013 19:01 WIB

Gangguan Sistem PLN, 3 Kota di Kaltim Gelap Gulita

Robert - detikNews
Samarinda - Sistem kelistrikan PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur mengalami gangguan. Akibatnya, 3 kota di Kaltim yakni Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong yang berada dalam Sistem Mahakam, padam total. PLN masih berupaya melakukan pemulihan.

Di Samarinda, listrik mulai padam sekitar pukul 19.00 WITA. Sontak padamnya aliran listrik mengejutkan sejumlah warga lantaran beberapa ruas jalan menjadi gelap gulita.

"Saya kira listrik padam di wilayah Samarinda seberang saja. Ternyata, setelah saya jalan, di wilayah kota juga ikut padam. Sepertinya satu kota Samarinda," kata warga Samarinda Seberang, Andi Marmin, kepada detikcom, Sabtu (15/6/2013).

Hal senada diungkapkan Slamet Riyanto yang tinggal di Kecamatan Samarinda Utara. Menurut dia, listrik padam di seluruh wilayah Samarinda Utara sejak pukul 19.00 WITA tadi. Bahkan tidak hanya di Samarinda, listrik juga padam di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Iya, di tempat saya juga padam. Saya dengar informasi, se-Samarinda padam listrik. Tidak tahu juga ada apa," ujar Slamet.

"Di tempat saya juga padam, bahkan satu Tenggarong padam. Kalaupun ada yang listriknya hidup, itu kan jelas menggunakan mesin genset," sebut warga Tenggarong, Taufik.

Dihubungi detikcom, General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim Nyoman S Astawa menerangkan padamnya listrik di ketiga kota yang masuk ke dalam Sistem Mahakam masih belum diketahui penyebabnya.

"Blackout atau padam total, Pak. Penyebabnya sedang kita telusuri. Saat ini kita sedang dalam proses pemulihan," kata Nyoman.

Pantauan detikcom, padamnya listrik di Samarinda, mengakibatkan ikut padamnya sebagian besar traffic light di sejumlah ruas jalan. Kemacetan lalu lintas tidak terelakkan mengingat malam ini merupakan malam warga untuk berakhir pekan.

(trq/trq)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
38%
Kontra
62%