Selasa, 28/05/2013 18:02 WIB

3 Juta Sepeda Motor 'Ramaikan' Jalur Mudik Lebaran 2013

Rivki - detikNews
Pemudik berkendara motor. (foto: dok.detikcom).
Jakarta - Pemudik dengan menggunakan kendaraan sepeda motor, diperkirakan akan menembus angka 3 juta saat mudik Lebaran 2013 nanti. Jumlah sebanyak itu merupakan kenaikan sebesar 10% dari tahun lalu.

"Untuk motor tahun ini akan naik 10 persen, dengan kata lain akan tembus angka 3 juta untuk perjalanan mudik sepeda motor," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, saat peninjauan lokasi jalur mudik Pantura, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (28/5/2013).

Menurutnya pemudik sepeda motor akan bertambah karena pemudik butuh moda transportasi di kampung halamannya masing-masing. "Mereka butuh kendaraan di kampungnya, terus angkutan umum di kampungnya juga terbatas. Makanya mereka bawa motor," jelasnya.

Meski setiap tahun Kemenhub selalu mengadakan program angkut motor dengan kapal laut, dia menjelaskan hal itu belum maksimal. Alasannya, kapasitas pengangkut tidak sesuai dengan jumlah motor yang beredar.

Adapun tujuan favorit pemudik pengendara motor ialah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Untuk itu, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah kemacetan akibat pemudik sepeda motor.

"Untuk itu kita akan pikirkan jalur-jalur khusus pengendara sepeda motor. Nanti akan kita bahas bersama Korlantas Polri dan Kementerian Pekerjaan Umum," pungkasnya.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(rvk/lh)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Tak Perlu Arak-arakan Pesta Rakyat Saat Pelantikan Jokowi

Relawan Jokowi-JK akan menggelar pesta rakyat saat pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober 2014 nanti dimulai dari Semanggi dan berakhir di Monas. Kapolri Jenderal Sutarman menyarankan tidak perlu ada acara arak-arakan seperti itu. "Saya sarankan tidak perlu arak-arakan, saya kira tidak perlu. Mungkin kalau bersyukur, bersyukur berdoa saja, enggak perlu arak-arakan," kata Kapolri. Bila Anda setuju dengan Kapolri, pilih Pro!
Pro
35%
Kontra
65%