Detik.com News
Detik.com

Selasa, 28/05/2013 18:02 WIB

3 Juta Sepeda Motor 'Ramaikan' Jalur Mudik Lebaran 2013

Rivki - detikNews
3 Juta Sepeda Motor Ramaikan Jalur Mudik Lebaran 2013 Pemudik berkendara motor. (foto: dok.detikcom).
Jakarta - Pemudik dengan menggunakan kendaraan sepeda motor, diperkirakan akan menembus angka 3 juta saat mudik Lebaran 2013 nanti. Jumlah sebanyak itu merupakan kenaikan sebesar 10% dari tahun lalu.

"Untuk motor tahun ini akan naik 10 persen, dengan kata lain akan tembus angka 3 juta untuk perjalanan mudik sepeda motor," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, saat peninjauan lokasi jalur mudik Pantura, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (28/5/2013).

Menurutnya pemudik sepeda motor akan bertambah karena pemudik butuh moda transportasi di kampung halamannya masing-masing. "Mereka butuh kendaraan di kampungnya, terus angkutan umum di kampungnya juga terbatas. Makanya mereka bawa motor," jelasnya.

Meski setiap tahun Kemenhub selalu mengadakan program angkut motor dengan kapal laut, dia menjelaskan hal itu belum maksimal. Alasannya, kapasitas pengangkut tidak sesuai dengan jumlah motor yang beredar.

Adapun tujuan favorit pemudik pengendara motor ialah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Untuk itu, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah kemacetan akibat pemudik sepeda motor.

"Untuk itu kita akan pikirkan jalur-jalur khusus pengendara sepeda motor. Nanti akan kita bahas bersama Korlantas Polri dan Kementerian Pekerjaan Umum," pungkasnya.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(rvk/lh)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%