detikcom
Selasa, 21/05/2013 19:58 WIB

Haji Musim Ini Start Berangkat 10 September

Nur Khafifah - detikNews
Ilustrasi haji (Luhur/ detikcom)
Jakarta - Jamaah haji Indonesia musim ini rencananya akan diberangkatkan mulai bulan September mendatang. Pelaksanaan pemberangkatan akan terbagi dalam 2 gelombang.

"Awal pemberangkatan jamaah haji gelombang I dilaksanakan pada tanggal 10 September 2013," ujar Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Cepi Supriatna di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2013).

Cepi mengatakan, pemberangkatan gelombang I tersebut akan berakhir pada 24 September 2013. Kemudian pada tanggal 25 September mulai diberangkatkan gelombang II.

"Tanggal 9 Oktober seluruh jamaah haji sudah tiba di Arab Saudi," ucap Cepi.

Cepi mengatakan, wukuf di Arafah akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober. Untuk pemulangan jamaah haji akan dilaksanakan mulai 19 Oktober.

Gelombang II jamaah haji akan mulai dipulangkan pada tanggal 26 Oktober. "Tanggal 19 Nopember, seluruh jamaah telah kembali di tanah air. Kecuali yang sakit atau meninggal," ujar Cepi.

Pemberangkatan jamaah haji tersebut akan dilaksanakan melalui 12 embarkasi. Yaitu embarkasi Aceh, Medan, Batam, Padang, Palembang, Jakarta, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(kff/gah)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%