detikcom
Kamis, 09/05/2013 09:19 WIB

Belum Terima Jadwal Kampanye, Bawaslu Surati Cagub & Cawagub Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Semarang - Memasuki hari kedua masa kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2013, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng menyurati tiga pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur. Hal itu karena Bawaslu belum menerima jadwal kampanye dari masing-masing pasangan calon.

Koordinator Bidang Pengawasan dan Humas Bawaslu Jateng Teguh Purnomo mengatakan pihaknya merasa kesulitan untuk melakukan pengawasan kampanye hingga hari ini. Seharusnya satu hari sebelum masa kampanye, jadwal tersebut sudah diterima pihak kepolisian, KPU, dan Bawaslu.

"Sampai saat ini tim kampanye paslon juga belum disampaikan sampai tingkat Kabupaten/Kota," kata Teguh kepada detikcom melalui telepon selulernya, Kamis (9/5/2013).

Akibatnya, Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah terpaksa mencari tahu sendiri kemana tiga pasangan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur Jawa Tengah akan berkampanye.

"Nanti teman-teman di Kabupaten/Kota mencari tahu sendiri ke mana masing-masing paslon berkampanye karena kami tetap harus mengawasi," tandas mantan Ketua KPU Kabupaten Kebumen itu.

Menanggapi hal itu, Bawaslu sudah mengirimkan surat kepada tiga paslon agar segera merespon dan segera menyerahkan pemberitahuan rencana kegiatan kampanye mereka. "Kemarin sudah dikirim ke semua paslon," tegasnya.

Selain itu, Teguh juga menyayangkan sikap KPU Jawa Tengah yang menurutnya terkesan tidak maksimal dalam menfasilitasi pelaksanaan kampanye. Seperti halnya penyusunan regulasinya dan menyiapkan aturan teknis dilapangannya.

"Sampai saat ini Bawaslu Jawa Tengah belum mendapatkan tempat-tempat mana yang disediakan KPU Jateng yang dapat digunakan untuk melakukan kampanye di seluruh Jawa Tengah, dan seharusnya KPU Jateng dan KPU Kabupaten/kota sudah mengkoordinasikan dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, dan hasilnya dikompilasi oleh KPU Jateng dan masuk dalam surat keputusan KPU Jawa Tengah yang mengatur hal tersebut seperti halnya dalam Pilgub tahun 2008 lalu," tutup Teguh.

Diketahui, masa kampanye Pilgub Jateng 2013 berlangsung mulai 8 Mei kemarin hingga 22 Mei mendatang dan pengambilan suara diambil tanggal 26 Mei. Hari pertama kampanye kemarin, semua paslon yaitu Hadi Prabowo-Don Murdono, Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo, dan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmiko menyampaikan visi dan misi pada rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Jawa Tengah.



Ikuti sejumlah peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 12.45 WIB

(alg/rmd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%
MustRead close