Kamis, 09/05/2013 09:08 WIB

Penyekap tiga perempuan disidang hari ini

BBCIndonesia.com - detikNews

Ariel Castro dan kedua saudaranya ditangkap Senin lalu.

Ariel Castro, 52, pria yang menyekap tiga orang perempuan di dalam rumahnya di Ohio, Amerika Serikat, selama sekitar satu dekade dituntut pasal penculikan dan pemerkosaan.

Castro dijadwalkan menghadiri persidangan hari ini, Kamis (09/05). Sementara saudara lelakinya Pedro, 54, dan Onil, 50, tidak dikenai tuntutan apapun.

Amanda Berry, 27, Gina DeJesus, 23, dan Michelle Knight, 32, ditemukan di sebuah rumah di Cleveland, Ohio pada Senin (06/05) lalu. Polisi setempat mengatakan para perempuan ini ditemukan dalam kondisi diikat tali dan rantai.

Saudaranya tidak terlibat

Dalam sebuah konferensi pers pada Rabu sore, pemerintah setempat mengatakan Castro akan dikenakan empat dakwaan penculikan terhadap tiga orang korban dan satu orang anak perempuan, Jocelyn, 6, dari korbannya Berry yang diduga lahir selama penyekapan itu.

Castro juga dikenai tuduhan pemerkosaan terhadap tiap-tiap perempuan itu.

Polisi setempat mengatakan ada lebih dari 200 barang bukti diambil dari rumah tempat penyekapan.

Ketiga korban memberikan informasi yang cukup kuat untuk menuntut Castro, kata polisi.

Meski demikian, jaksa Victor Perez mengatakan bahwa polisi tidak punya cukup bukti untuk menuduh saudara lelaki Ariel Castro yaitu Pedro dan Onil "terlibat atau mengetahui" terjadinya tindak kriminal itu. Mereka ditahan bersama Ariel Castro.

Seorang sumber mengatakan kepada BBC bahwa dalam penyekapan itu, salah seorang korban hamil dan keguguran selama beberapa kali.

Perempuan lain juga hamil, tetapi kemudian dipukuli sedemikian parah hingga keguguran, kata sumber tersebut.

Ia menambahkan bahwa perempuan yang lain dipaksa menolong Berry melahirkan putrinya, Jocelyn, dan diancam akan dibunuh bila bayi itu tidak lahir dengan selamat.

Sementara itu, ratusan orang pada Rabu lalu berkumpul di sekitar kediaman DeJesus untuk menyambut kepulangan salah satu korban, Gina DeJesus dari rumah sakit.

DeJesus terlihat mengenakan kaus kuning cerah diantar oleh seorang perempuan menuju rumahnya.

Rumah itu selalu tertutup

Dalam sebuah konferensi pers di luar rumahnya, anggota keluarga meminta bantuan para tetangga untuk mencari korban keempat yaitu Ashley Summers yang hilang sejak 2007 ketika berusia 14 tahun.

"Tidak ada kata yang cukup untuk menyatakan kegembiraan kami dalam menyambut anggota keluarga kami Gina, dan kini Amanda Berry, putrinya dan Michelle Knight juga adalah bagian dari keluarga kami," kata Sandra Ruiz, bibi Gina DeJesus.

Ia memuji FBI dan kepolisian setempat atas usaha mereka dan meminta para tetangga untuk tidak membalas kejahatan ini kepada keluarga Castro

Felix DeJesus, ayah korban, mengatakan masyarakat harus mengawasi anak-anak di lingkungan mereka, dan mendesak masyarakat untuk memperbaiki masalah.

Sementara itu korban lain, Amanda Berry, tiba di rumah saudara perempuannya menjelang tengah hari pada Rabu lalu bersama putrinya Jocelyn.

Ia menghilang pada 2003 di usia 16 tahun dan berhasil dibebaskan Senin lalu dengan bantuan seorang tetangga yang mendengar teriakan dan tendangan pintunya ketika penyekap sedang keluar rumah.

Ketika polisi tiba, DeJesus dan Knight juga ditemukan di rumah itu.

DeJesus hilang di usia 14 tahun pada 2004, sementara Knight hilang tahun 2002 di usia 20 tahun.

Media setempat mengatakan bahwa Ariel Castro kabur dan di tangkap di dekat sebuah restoran cepat saji

Anaknya, Anthony Castro, mengatakan bahwa ayahnya tidak mengijinkannya masuk ke rumah ketika terakhir kali ia berkunjung.

"Rumah itu selalu dikunci," kata dia. "Ada tempat-tempat yang tidak boleh kami datangi. Ruang bawah tanah dikunci. Loteng dikunci. Garasi juga dikunci."

(bbc/bbc)

Berita Terbaru Indeks Berita ยป
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
41%
Kontra
59%