detikcom
Selasa, 07/05/2013 18:05 WIB

Mengejutkan! Tahanan Berhasil Kabur dari Penjara Paling Ketat di Rusia

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Ilustrasi
Moskow - Jarang terjadi! Seorang tahanan di Rusia berhasil melarikan diri dari salah satu penjara paling susah ditembus di Moskow. Tahanan kasus pembunuhan ini menjebol langit-langit di dalam selnya dan memanjat keluar untuk kabur.

Saking jarangnya terjadi, aksi kabur dari penjara yang dilakukan tahanan bernama Oleg Topalov ini tercatat sebagai aksi keempat dalam dua dekade terakhir. Penjara Matrosskaya Tishina di Moskow memang dikenal sangat ketat dan susah ditembus.

Namun entah bagaimana, Topalov mampu membuat lubang di langit-langit sel tahanannya dan melarikan diri tanpa dipergoki petugas. "Dia (Topalov) kabur melalui lubang di langit-langit yang dibuatnya dan melewati atap," ujar juru bicara penjara Matrosskaya Tishina, Sergei Tsygankov kepada kantor berita RIA Novosti dan dilansir AFP, Selasa (7/5/2013).

"Dari atap, dia kabur melalui pagar utama," imbuhnya.

Aparat setempat masih mencari tahu bagaimana cara Topalov membuat lubang di atap, mengingat adanya larangan benda-benda tajam di dalam setiap sel tahanan. Satu-satunya benda yang mungkin digunakan Topalov untuk membuat lubang di langit-langit adalah sendok makan.

Penyelidikan terhadap aksi kabur Topalov ini tengah dilakukan. Sejumlah sipir penjara diduga melakukan kelalaian dalam mengawasi Topalov. Laporan menyebutkan, Topalov ditahan bersama dengan 7 orang tahanan lainnya, namun tidak diketahui pasti apa peran mereka ketika Topalov melakukan aksinya.

Otoritas penjara merilis foto Topalov lengkap dengan rincian ciri-cirinya dan meminta bantuan masyarakat untuk memburunya. Tahanan berusia 33 tahun ini didakwa atas dua dakwaan pembunuhan dan perdagangan senjata ilegal.

Penjara Matrosskaya Tishina yang terletak di wilayah Moskow sebelah timur laut ini, beroperasi sejak tahun 1946 silam. Penjara ini berstatus Pusat Tahanan Pra-sidang Nomor 1. Sejak tahun 1995, hanya ada 3 narapidana, selain Topalov, yang berhasil kabur dari penjara ini.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(nvc/ita)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
44%
Kontra
56%