Rabu, 01/05/2013 10:23 WIB

Detik-detik Pesawat Kargo AS Jatuh di Afghanistan Terekam Kamera

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
news.com.au
Kabul - Pesawat kargo milik Amerika Serikat (AS) jatuh di dekat pangkalan udara Bagram, Afghanistan. Insiden yang menewaskan 7 orang ini terekam kamera salah seorang tentara yang ada di dekat lokasi kejadian.

Rekaman video tersebut menunjukkan detik-detik jatuhnya pesawat kargo sipil milik perusahaan AS, National Airlines pada Selasa (30/4) kemarin. Pesawat Boeing 747-400 tersebut jatuh beberapa saat setelah lepas landas dan menewaskan keseluruhan 7 orang yang ada di dalamnya.

Seorang sumber militer menuturkan kepada Fox News, seperti dilansir news.com.au, Rabu (1/5/2013), video tersebut direkam dari kamera yang terpasang pada dasbor mobil milik salah seorang tentara NATO, yang kebetulan ada di lokasi kejadian.

Menurut keterangan saksi mata, pesawat tersebut sempat terlihat terdiam beberapa saat di udara sebelum akhirnya berbelok dan menukik ke tanah, dengan bagian hidung terlebih dulu. Begitu menyentuh tanah, pesawat tersebut langsung meledak dan terbakar.

Taliban sempat mengklaim bertanggung jawab atas insiden ini. Namun NATO dengan segera menyatakan bahwa klaim Taliban tersebut tidak benar.

Pihak NATO menyatakan, penyebab jatuhnya pesawat masih diselidiki lebih lanjut oleh Badan Keselamatan Tranportasi Nasional AS dan Otoritas Penerbangan Sipil Afghanistan. Namun dugaan sementara, tidak ada tanda-tanda keterlibatan militan dalam insiden tersebut.

Pesawat kargo ini membawa sejumlah kendaraan dan barang-barang lainnya saat kejadian. Terdapat 4 orang pilot, 2 orang mekanik dan seorang loadmaster yang bertanggung jawab atas isi pesawat kargo tersebut. Semuanya tewas dalam kejadian ini.

"Kami belum merilis identitas para korban tewas karena menghormati keluarga yang membutuhkan waktu untuk menjangkau korban," ujar Wakil Presiden National Air Cargo, yang merupakan induk perusahaan National Airlines, Shirley Kaufman.



Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di "Reportase Malam" pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nvc/ita)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

16 Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet Jokowi Terlalu Banyak

Presiden Terpilih Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya. Jokowi memberi jatah 16 kursi untuk kader parpol. Menurut pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, 16 kursi untuk kader parpol ini dinilai terlalu besar, tak sesuai harapan publik. Awalnya publik mengira jatah menteri untuk parpol jauh lebih sedikit. Bila Anda setuju dengan Gun Gun Heryanto, pilih Pro!
Pro
40%
Kontra
60%