Rabu, 24/04/2013 15:36 WIB

Caleg Diingatkan Tak Boleh Temui KPU Selama Masa Pencalonan

M Iqbal - detikNews
Jakarta - KPU sudah mulai memverifikasi sebanyak 6.576 berkas pencalonan yang diajukan oleh partai politik. Para caleg diminta untuk tidak menemui komisioner KPU untuk keperluan apapun selama masa pencalonan.

"Pokoknya KPU tidak akan berhubungan dengan caleg, hanya berhubungan dengan partai melalui LO atau penghubung yang telah ditunjuk oleh partai selama masa verifikasi (pencalonan)," kata komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Rabu (24/4//2013).

Menurutnya, KPU hanya menginformasikan melalui website resmi KPU terkait daftar nama caleg maupun perkembangan proses pencalonan. Di luar itu, hanya boleh melalui penghubung yang ditunjuk partai untuk menemui KPU.

"Kalau ada caleg berkeliaran di KPU, maka kami tidak akan menerima. Karena peserta pemilu itu kan partai politik, kita akan repot kalau melayani caleg sebanyak yang telah didaftarkan," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, total jumlah bakal calon anggota DPR RI yang telah diterima KPU dari 12 partai politik sebanyak 6.576 orang, yaitu perempuan sebanyak 2.434 orang dan laki-laki 4.142 orang.

KPU selanjutnya melakukan verifikasi terhadap berkas persyaratan yang diajukan, mulai 23 April sampai 6 Mei 2013. Hasil verifikasi akan disampaikan kepada partai politik tanggal 7 sampai 8 Mei 2013.

Kemudian partai diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan tanggal 9-22 Mei 2013, verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dilaksanakan dari 23 Mei sampai 29 Mei 2013.

Tahap selanjutnya penyusunan dan penetapan daftar Caleg Sementara (DCS) pada 30 Mei sampai 12 Juni 2013, sementara pengumuman DCS dilaksanakan 13 sampai 17 Juni 2013.


Seorang Balita Tercebur Ke Dalam Kuali Panas. Saksikan selengkapnya di "Reportase Pagi" pukul 04.30 - 05.30 WIB hanya di Trans TV

(bal/van)


Punya info seputar #LaluLintas? Jangan lupa kirim ke pasangmata.com .

Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
75%
Kontra
25%