Sabtu, 20/04/2013 11:39 WIB

Gempa guncang Sichuan, puluhan tewas

BBCIndonesia.com - detikNews
Ratusan orang dikhawatirkan tewas atau terluka setelah gempa mengguncang Provinsi Sichuan, di Cina bagian barat, demikian laporan media pemerintah Cina.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan, kekuatan gempa mencapai 6,6 skala Richter dan berpusat di sekitar 50km di bagian barat kota Linqiong.

Gempa dilaporkan terjadi pada kedalaman 12 km.

Kawasan yang diguncang gempa ini merupakan daerah rawan gempa.

Sebuah gempa berkekuatan 8,0 SR di Sichuan pada Mei 2008 telah menewaskan hampir 90.000 orang.

Selama 20 detik

Gempa terakhir, yang awalnya dilaporkan berkekuatan 7,0 SR dan kemudian berubah 6,9 SR, terjadi pada pukul 08:02 waktu setempat.

Kekuatan gempa ini dirasakan sampai 115km di ibukota Provinsi Sichuan, Chengdu, demikian laporan Kantor berita Cina, Xinhua.

Laporan resmi menyebutkan 10 orang tewas, sementara China News Service mengatakan 28 orang tewas. Namun laporan lainnya menyebutkan kemungkinan jumlah yang tewas lebih banyak.

"Gempa di Yaan, Lushan, mengakibatkan ratusan orang terluka atau tewas ," kata Badan penanggulangan bencana gempa, Sichuan, dalam situs resminya.

Seorang warga di Chengdu mengatakan kepada Xinhua bahwa dia berada di gedung berlantai 13 ketika dia merasakan gempa.

Menurutnya, gedung itu terguncang selama sekitar 20 detik dan dia melihat genting berjatuhan dari gedung di dekatnya.

(bbc/bbc)

  • Minggu, 19/10/2014 19:41 WIB
    Iriana Bicara tentang Gaya, Media Sosial, Burung hingga Diri Sendiri
    Gb Iriana, tidak lama lagi akan menjadi Ibu Negara. Banyak yang penasaran akan sosoknya. Iriana, yang cenderung tak banyak berbicara, kali ini bersedia menjawab pertanyaan. Mulai soal gaya, hobi merawat burung hingga tentang dirinya sendiri. Seperti apa?
ProKontra Index »

Jokowi Harus Dengarkan Informasi KPK agar Ciptakan Kabinet Bersih

KPK mengatakan 43 nama calon menteri yang diberikan Jokowi, setengahnya memiliki rapor merah atau incaran KPK. Pengamat politik dari UGM Ari Dwipayana mengimbau agar Jokowi harus mendengarkan informasi dari KPK tersebut agar dapat menciptakan kabinet yang bersih.Bila Anda setuju dengan Ari Dwipayanya, pilih Pro!
Pro
62%
Kontra
38%