Sabtu, 20/04/2013 11:39 WIB

Gempa guncang Sichuan, puluhan tewas

BBCIndonesia.com - detikNews
Ratusan orang dikhawatirkan tewas atau terluka setelah gempa mengguncang Provinsi Sichuan, di Cina bagian barat, demikian laporan media pemerintah Cina.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan, kekuatan gempa mencapai 6,6 skala Richter dan berpusat di sekitar 50km di bagian barat kota Linqiong.

Gempa dilaporkan terjadi pada kedalaman 12 km.

Kawasan yang diguncang gempa ini merupakan daerah rawan gempa.

Sebuah gempa berkekuatan 8,0 SR di Sichuan pada Mei 2008 telah menewaskan hampir 90.000 orang.

Selama 20 detik

Gempa terakhir, yang awalnya dilaporkan berkekuatan 7,0 SR dan kemudian berubah 6,9 SR, terjadi pada pukul 08:02 waktu setempat.

Kekuatan gempa ini dirasakan sampai 115km di ibukota Provinsi Sichuan, Chengdu, demikian laporan Kantor berita Cina, Xinhua.

Laporan resmi menyebutkan 10 orang tewas, sementara China News Service mengatakan 28 orang tewas. Namun laporan lainnya menyebutkan kemungkinan jumlah yang tewas lebih banyak.

"Gempa di Yaan, Lushan, mengakibatkan ratusan orang terluka atau tewas ," kata Badan penanggulangan bencana gempa, Sichuan, dalam situs resminya.

Seorang warga di Chengdu mengatakan kepada Xinhua bahwa dia berada di gedung berlantai 13 ketika dia merasakan gempa.

Menurutnya, gedung itu terguncang selama sekitar 20 detik dan dia melihat genting berjatuhan dari gedung di dekatnya.

(bbc/bbc)

  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%