detikcom
Jumat, 12/04/2013 22:48 WIB

Kawanan Pencuri Bawa Kabur Mesin ATM di Lampung

Adan Bakar - detikNews
Jakarta - Kawanan pencuri membawa kabur Automatic Teller Machine (ATM) di Kantor cabang pembantu (KCP) Muamalat Kemiling, Kota Bandar Lampung, Kamis (11/4/2013). Diperkirakan uang di dalam mesin tersebut mencapai Rp 100 juta.

Mesin ATM yang dibongkar ini berada di Kantor Bank Muamalat di Jalan Cik Di Tiro, Kecamatan Kemiling. Pencuri merusak kamera CCTV untuk menghilangkan jejak.

Kapolresta Bandar Lampung Kombes M Nurochman mengatakan pelaku beraksi dengan lebih dahulu merusak CCTV. Kemudian membongkar mesin ATM dan mengangkutnya dengan mobil. “Pelaku diperkirakan mencapai lima orang. Mereka mengendarai mobil jenis Kijang,” kata Nurochman kepada detikcom, Jumat malam (12/4/2013).

Meskipun merusak CCTV, tapi kamera pengawas sempat merekam gambar aksi pencurian tersebut. Dari rekaman, pelaku berjumlah lima orang dan mengenakan penutup wajah sehingga belum bisa dikenali polisi.

Menurutnya, ini menjadi modus baru dalam pencurian mesin ATM dengan membongkar dan membawa kabur perangkat bank tersebut. Pelaku tahu jika mesin ATM terisi uang dalam jumlah banyak. “Menurut pengakuan pihak bank, ATM baru saja diisi uang yang jumlahnya mencapai Rp100 juta,” katanya.

Polisi sudah memeriksa tempat kejadian perkara dan mengambil sidik jari. Beberapa saksi juga sudah dimintai keterangan. “Kami belum bisa memastikan pelaku dan terus akan dilakukan penyelidikan,” kata Nurochman.

Pencurian mesin ATM ini pertama kali diketehui oleh petugas office boy, yang kemudian melapor ke satpam. Kemudian barulah pihak bank melapor ke polisi.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(trq/trq)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
73%
Kontra
27%