Minggu, 07/04/2013 12:22 WIB

Pameran karya Andy Warhol di Skotlandia

BBCIndonesia.com - detikNews
andy_warhol_screen_print

Salah satu yang dipamerkan adalah karya Andy Warhol berjudul Flash-November 22, 1963 .

Lebih dari 40 karya lukis dan seni Andy Warhol akan dipamerkan di Skotlandia akhir tahun ini.

Karya Warhol yang dipamerkan berkaitan dengan kekuasaan dan politik dan menjadi bagian dari pameran di Gedung Parlemen Skotlandia mulai 4 Oktober hingg 3 November.

Sebagian besar karya Warhol yang dipamerkan di Skolandia nantinya adalah koleksi milik Museum Andy Warhol di Pittsburg, AS.

Sejumlah karya yang dibawa diantaranya adalah karya yang berjudul Flash-November, !963 tentang pembunuhan Presiden John F Kennedy.

Selain itu pameran nanti juga akan menampilkan foto seorang filantropi asal Skotlandia, Andrew Carnegie yang mencari peruntungan di AS karya Andy Warhol.

Tema pameran

Direktur Museum Andy Warhol, Eric Shiner mengatakan karya yang dipamerkan akan menunjukan bagaiamana kehidupan dan karya Warhol.

"Sebagian karyanya yang dipamerkan cukup dikenal sementara sebagaian lainnya dipertunjukan kepada publik Inggris Raya untuk meberikan mereka kesempatan mengetahui lebih banyak pendekatan Warhol terhadap seni dan kehidupan," kata Eric.

"Kami senang bisa memamerkan sejumlah koleksi tetap kami. Ini bisa menjadi satu-satunya kesempatan bagi warga Inggris Raya melihat karya asli Warhol."

Pameran karya Warhol di Skotlandia bisa terlaksana setelah adanya kerjasama yang disepakati di AS dan melibatkan Trisia Marwick dari Holyrood Presiding, museum dan The Carnegie Trust.

"Fokus dari festival yang kami gelar adalah menunjukan tantangan yang berkembang di abad 21 dan peran filantropi di kehidupan masyarakat moden," kata Ketua The Carnegie Trust, Angus Hogg.

(bbc/bbc)

Berita Terbaru Indeks Berita ยป
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
69%
Kontra
31%
MustRead close