detikcom
Sabtu, 06/04/2013 22:05 WIB

Seekor Ikan Pari Raksasa Tersangkut Jaring Nelayan di Pantai Gunungkidul

Muhammad Afifi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ikan Pari terjaring jaring nelayan di pantai Gunungkidul. (Afifi/detikcom)
Gunungkidul - Seekor ikan pari berukuran raksasa secara tidak sengaja tertangkap jaring nelayan di pantai Baron Gunungkidul. Dibutuhkan lebih dari 2 jam untuk dapat menarik ikan raksasa itu ke tepian.

Ikan jenis Pari Manta ini tersangkut jaring milik Muryanto yang dipasangnya pada malam hari. Saat mengambil jaring, Muryanto heran karena tak kuasa mengangkat jaringnya.

"Rasanya berat dan tidak seperti biasanya. Saya kira karena dapat ikan banyak tapi ternyata ada ikan Pari besar," kata Muryanto, Sabtu (6/4/2013).

Muryanto lalu mencoba menariknya dengan 2 kapal jungkung yang biasa digunakan untuk melaut. Namun karena bobot ikan yang terlampau besar, dua kapal jungkung tak kuasa. Muryanto juga berupaya menaikkan ikan itu ke atas kapalnya. Namun upaya itu justru hampir membuat kapal muryanto terbalik.

Gagal dengan kapal, upaya menarik ikan dicoba menggunakan mobil jeep. Proses mendaratkan ikan berekor mirip cambuk akhirnya dilakukan beramai-ramai. Sebuah Jeep warna kuning disiapkan di perairan dangkal. Para nelayan memasang tali di body Jeep dan mengkaitkan ke tubuh ikan pari.

"Awalnya bingung karena tidak tahu bagiamana cara mendaratkannya. Beruntung, tim SAR turun tangan dan mengerahkan satu mobil jeep," ujar Muryanto.

Tapi ternyata pendaratan ikan tak semudah yang diperkirakan. Jeep beberapa kali tertarik ke belakang karena ikan tersapu gelombang.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 12.45 WIB

(rmd/rmd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 21/07/2014 12:41 WIB
    Wamenhub: Jembatan Comal Bikin Jalur Darat Lebih Kompleks, Ada 3 Alternatif
    Gb Jembatan Comal, Pemalang, Jateng, yang ambles pada Jumat (18/7) malam lalu membuat mudik via jalur darat lebih kompleks. Memang Kementerian PU mengebut pengerjaan jembatan itu. Namun di satu sisi harus menunggu kelayakannya. Ada 3 alternatif jalur mudik menghindari Jembatan Comal.
ProKontra Index »

Polisi akan Razia dan Bubarkan Sahur on The Road

Dari hari ke hari, Sahur on The Road (SOTR) alias sahur keliling yang awalnya niatnya baik, membagi-bagikan sahur ke warga tidak mampu, kini melenceng semakin meresahkan, melakukan vandalisme hingga pembacokan. Terakhir Senin (21/7) dini hari, beberapa korban pembacokan kelompok SOTR berjatuhan. Polda Metro Jaya akan merazia, membubarkan hingga menindak kelompok SOTR yang melakukan tindak pidana. Bila Anda setuju dengan tindakan Polda Metro Jaya, pilih Pro!
Pro
68%
Kontra
32%