detikcom
Sabtu, 30/03/2013 04:44 WIB

Petugas Sita 2 Orangutan dari Warga Nagan Raya, Aceh

Khairul Ikhwan - detikNews
Medan - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama organisasi internasional Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP) menyita dua orangutan dari warga di Nagan Raya, Aceh. Keduanya lalu dibawa ke pusat rehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke hutan.

Dalam keterangan pers yang diperoleh Jumat (29/3/2013), Direktur Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP) Ian Singleton menyatakan kedua orangutan yang masih kecil ini disita dari dua lokasi berbeda di Simpang Dua, Nagan Raya. Diperkirakan keduanya berasal dari areal hutan rawa gambut Tripa.

Kedua orangutan ini terdiri dari seekor betina yang diberi nama Meisin, usianya sekitar 5 tahun, dipelihara oleh masyarakat setempat. Orangutan yang satu lagi diberi nama Upin, jenis kelamin jantan, berusia baru sekitar 2 tahun, dipelihara oleh oknum polisi.

Setelah disita dan melalui perjalanan semalaman dari Nagan Raya menuju Sumatera Utara (Sumut), keduanya tiba pada Rabu (27/3/2013) di Karantina Orangutan milik SOCP di Batu Mbelin, Deli Serdang, Sumut.

"Masing-masing akan menjalani pemeriksaan kesehatan dalam beberapa hari ini," kata Singleton.

Kedua orangutan itu, kata Singleton, harus berada di kandang isolasi karantina selama periode paling sedikit satu bulan untuk memastikan mereka tidak mengidap penyakit. Selanjutnya barulah mereka dapat digabung dengan orangutan lainnya yang bernasib sama, dan memulai proses rehabilitasi.

Saat dilakukan penyitaan di Simpang Dua, kedua orangutan ini berada dalam kandang kecil di belakang rumah pemilik lamanya. Saat ditemukan kondisi kedua orangutan tersebut cukup baik, meskipun terlihat agak kepanasan karena kandang yang beratap seng.

Setelah periode tertentu di karantina kedua orangutan ini pada akhirnya akan dikembalikan ke alam liar di pusat reintroduksi orangutan SOCP di Jantho, Aceh Besar. Hingga saat ini SOCP telah melepasliarkan lebih dari 150 orangutan di pusat reintroduksi di Provinsi Jambi. Sedangkan di Jantho saat ini sudah dilepaskan 37 orangutan.


Ikuti berbagai peristiwa menarik yang terjadi sepanjang hari ini hanya di "Reportase" TRANS TV Senin - Jumat pukul 16.45 WIB

(rul/rmd)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Minggu, 14/09/2014 14:52 WIB
    Lulung: Yang Penting Pak Ahok Manis Bicara, Ai Dukung
    Gb Haji Lulung mengaku sudah tidak ada masalah dengan Ahok yang bersuara keras soal kebobrokan DPRD jika pilkada tidak dilakukan langsung. Dia mengingatkan Ahok berhati-hati bicara sehingga tidak ada yang tersinggung.
ProKontra Index »

Harga BBM Harus Naik

Terbatasanya kuota BBM bersubsidi berimbas pada langkanya BBM di sejumlah SPBU plus antrean panjang kendaraan. Presiden terpilih Jokowi mengusulkan pada Presiden SBY agar harga BBM dinaikkan. Jokowi mengatakan subsidi BBM itu harus dialihkan pada usaha produktif, ditampung di desa, UMKM, nelayan. Menurutnya anggaran subsidi jangan sampai untuk hal-hal konsumtif seperti mobil-mobil pribadi. Bila Anda setuju dengan Jokowi bahwa harga BBM harus naik, pilih Pro!
Pro
46%
Kontra
54%