Detik.com News
Detik.com

Jumat, 29/03/2013 17:06 WIB

Jadwal Baru Kereta Api di Semarang Mulai Diberlakukan 1 April

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jadwal Baru Kereta Api di Semarang Mulai Diberlakukan 1 April
Jakarta - Mulai tanggal 1 April 2013 mendatang Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan mulai dioperasikan. Gapeka baru tersebut tidak akan mengubah jadwal kereta dari Daerah Operasional (Daops) 4 Semarang, namun berefek pada jadwal perjalanan kereta dari Daops lain yang melewati Daops 4.

Jadwal kereta api yang tidak mengalami perubahan adalah yang berangkat dari stasiun Tawang Semarang dan Stasiun Pocol. Kereta Api tersebut antara lain KA Argo Sindoro, Argo Muria, Menoreh dan Fajar Utama keberangkatan Semarang Tawang tujuan Jakarta serta KA Tawang Jaya keberangkatan Semarang Poncol tujuan Pasarsenen.

"Kereta api asal Daops lain yang melewati Daops 4 Semarang mengalami perubahan jam kedatangan dan keberangkatan," kata Humas Daops IV PT KAI, Surono kepada detikcom, Jumat (29/3/2013).

Untuk kereta api yang melewati stasiun Tawang dan mengalami perubahan jadwal adalah KA Sembrani yang berangkat pukul 02.30 WIB tujuan stasiun Gambir Jakarta, kemudian KA Bangunkarta tujuan Jombang pukul 21.03 WIB, dan KA Bangunkarta tujuan Gambir yaitu pukul 23.00 WIB.

Sedangkan KA yang melewati stasiun Poncol dan mengalami perubahan adalah KA Matarmaja tujuan Pasar Senen yaitu pukul 01.05 WIB, KA Matarmaja tujuan Malang pukul 21.55 WIB, KA Brantas tujuan Tanjung Priok pukul 19.22 WIB, KA Brantas tujuan Kediri pukul 01.10 WIB, dan KA Kertajaya tujuan Tanjung Priok pukul 00.29 WIB.

"Rata- rata lebih cepat antara 15 sampai 30 menit. Bahkan untuk kereta api Ekonomi waktu tempuhnya rata- rata lebih cepat antara 30 sampai 90 menit dibandingkan Gapeka lama," ujar Surono.

Dengan diberlakukannya Gapeka baru, lanjut Surono,jumlah perjalanan kereta api di jalur pantura akan meningkat dari 64 perjalanan menjadi 88 perjalanan per hari. Peningkatan tertinggi terjadi pada kereta api barang yang meningkat dari 20 perjalanan menjadi 42 perjalanan per hari.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(alg/fdn)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Senin, 23/02/2015 10:27 WIB
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif
    Komjen Badrodin: Penertiban Internal agar Tak Terjangkit Hedonis-Konsumtif Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti diusulkan Presiden Jokowi menjadi calon Kapolri. Komjen Badrodin mengakui masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan di jajaran Polri. Dia juga dengan besar hati mengakui masih banyak penyimpangan yang perlu ditertibkan. Apa saja?
ProKontra Index »

MA Harus Turun Tangan Setop 'Sarpin Effect'!

Putusan hakim PN Jaksel Sarpin Rizaldi yang memperbolehkan status tersangka jadi materi gugatan praperadilan berpotensi menimbulkan kekacauan hukum di Indonesia. "MA harus menyetop. Segera batalkan putusan Sarpin. Kalau tidak, semua tersangka akan melakukan hal yang sama," jelas FH Unsoed Purwokerto, Prof Dr Hibnu Nugroho. Bila Anda setuju dengan Prof Hibnu, pilih Pro!
Pro
95%
Kontra
5%