Detik.com News
Detik.com
Jumat, 29/03/2013 17:06 WIB

Jadwal Baru Kereta Api di Semarang Mulai Diberlakukan 1 April

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jadwal Baru Kereta Api di Semarang Mulai Diberlakukan 1 April
Jakarta - Mulai tanggal 1 April 2013 mendatang Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan mulai dioperasikan. Gapeka baru tersebut tidak akan mengubah jadwal kereta dari Daerah Operasional (Daops) 4 Semarang, namun berefek pada jadwal perjalanan kereta dari Daops lain yang melewati Daops 4.

Jadwal kereta api yang tidak mengalami perubahan adalah yang berangkat dari stasiun Tawang Semarang dan Stasiun Pocol. Kereta Api tersebut antara lain KA Argo Sindoro, Argo Muria, Menoreh dan Fajar Utama keberangkatan Semarang Tawang tujuan Jakarta serta KA Tawang Jaya keberangkatan Semarang Poncol tujuan Pasarsenen.

"Kereta api asal Daops lain yang melewati Daops 4 Semarang mengalami perubahan jam kedatangan dan keberangkatan," kata Humas Daops IV PT KAI, Surono kepada detikcom, Jumat (29/3/2013).

Untuk kereta api yang melewati stasiun Tawang dan mengalami perubahan jadwal adalah KA Sembrani yang berangkat pukul 02.30 WIB tujuan stasiun Gambir Jakarta, kemudian KA Bangunkarta tujuan Jombang pukul 21.03 WIB, dan KA Bangunkarta tujuan Gambir yaitu pukul 23.00 WIB.

Sedangkan KA yang melewati stasiun Poncol dan mengalami perubahan adalah KA Matarmaja tujuan Pasar Senen yaitu pukul 01.05 WIB, KA Matarmaja tujuan Malang pukul 21.55 WIB, KA Brantas tujuan Tanjung Priok pukul 19.22 WIB, KA Brantas tujuan Kediri pukul 01.10 WIB, dan KA Kertajaya tujuan Tanjung Priok pukul 00.29 WIB.

"Rata- rata lebih cepat antara 15 sampai 30 menit. Bahkan untuk kereta api Ekonomi waktu tempuhnya rata- rata lebih cepat antara 30 sampai 90 menit dibandingkan Gapeka lama," ujar Surono.

Dengan diberlakukannya Gapeka baru, lanjut Surono,jumlah perjalanan kereta api di jalur pantura akan meningkat dari 64 perjalanan menjadi 88 perjalanan per hari. Peningkatan tertinggi terjadi pada kereta api barang yang meningkat dari 20 perjalanan menjadi 42 perjalanan per hari.Next

Halaman 1 2

Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(alg/fdn)


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Kamis, 26/03/2015 12:35 WIB
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut
    Dirut Fahmi Idris: BPJS Tak Mungkin Bangkrut Jumlah pengguna jaminan kesehatan nasional melonjak tajam pada tahun pertama penyelenggaraannya. Akibatnya, kondisi keuangan BPJS Kesehatan defisit. Klaim membengkak, lebih besar daripada premi yang diterima.
ProKontra Index »

Tolak APBD DKI 2015, Parpol Lembek dan Mengecewakan

DPRD DKI menolak penggunaan APBD DKI 2015 setelah tak mau membahasnya lewat rapat Badan Anggaran. Tokoh antikorupsi Buya Syafii Maarif mengatakan sikap partai lembek dan mengecewakan. "Mereka menolak isu anggaran siluman tetapi mendukung atau tidak menarik diri dari Hak Angket. Padahal, Ahok diangket karena jelas menolak anggaran siluman itu," kata Buya Syafii. Bila Anda setuju pendapat Buya Syafii, pilih Pro!
Pro
100%
Kontra
0%