Selasa, 26/03/2013 11:50 WIB

Cina Beli 24 Pesawat Tempur & 4 Kapal Selam Rusia

BBCIndonesia.com - detikNews
su-35


Pesawat Su-35 akan diandalkan Cina untuk menghadapi tekanan asing terhadap wilayah udaranya.

Cina telah sepakat dengan Rusia untuk membeli 24 pesawat jet tempur dan empat kapal selam.

Media milik pemerintah Cina melaporkan pembelian peralatan tempur yang disebut sebagai pembelian skala besar dari Rusia merupakan hal yang pertama dilakukan dalam sepuluh tahun terakhir.

Dua kapal selam nantinya akan digarap di Rusia semantara dua kapal lainnya akan dkerjakan di Cina.

Kesepakatan pembelian peralatan tempur ini ditandatangani sebelum kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Moskow pada akhir pekan lalu.

Pembelian tersebut juga bagian dari upaya meningkatkan kerjasama militer di antara kedua negara.

Wartawan mengatakan Moskow dan Beijing saat ini tengah berupaya untuk mengimbangi apa yang mereka lihat sebagai dominasi militer AS.


Anggaran besar



Surat kabar partai komunis, Peoples Daily dan China Central Television (CCTV) mengatakan spesifikasi pesawat yang dibeli Cina adalah jenis Su-35 dan empat kapal selam kelas Lada.

Namun media milik pemerintah Cina itu tidak menyebutkan berapa nilai pembelian semua peralatan tempur tersebut.

Anggaran pertahanan Cina pada tahun 2012 menurut data resmi pemerintah negara itu meningkat hingga 11 persen dibanding tahun sebelumnya atau mencapai angka lebih dari US$100 miliar.

Namun sejumlah ahli di luar negara itu memperkirakan anggaran pertahanan Cina mencapai dua kali lipat dari data resmi yang mereka keluarkan.

Sementara anggaran pertahanan AS saat ini mencapai US$700 miliar.

Beijing yang saat ini terlibat sengketa kepemilikan pulau dengan Jepang, tahun lalu juga telah meluncurkan pesawat induk pertamanya.

Peoples Daily dalam laporannya mengatakan bahwa Cina dan Rusia sudah berencana untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan teknologi militer termasuk dalam menggarap rudal jarak jauh anti pesawat S-400, mesin dorong berkapasitas besar 117S, pesawat angkut besar IL-476, pesawat pengisi bahan bakar di udara IL-78.


(bbc/bbc)

Berita Terbaru Indeks Berita ยป
  • Kamis, 17/04/2014 12:31 WIB
    Dirut PT KCJ: Jangan Dulu Berharap Kereta Tepat Waktu
    Gb "PT KAI menggunakan track untuk kereta penumpang dan barang. Komuter di track yang sama. Dan jangan berharap ada ketepatan waktu jika rel digunakan bersama," kata Dirut PT KCJ Tri Handoyo.
ProKontra Index »

Camat dan Lurah Tak Perlu Ada, Ganti Jadi Manajer Pelayanan Satu Atap

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera merealisasikan kantor kelurahan dan kecamatan menjadi kantor pelayanan terpadu satu pintu. Lurah dan camat bakal berfungsi sebagai manajer pelayanan. Ahok berpendapat lurah dan camat tak perlu lagi ada di Indonesia. Bila Anda setuju dengan gagasan Ahok, pilih Pro!
Pro
73%
Kontra
27%